Riset dari Facebook Ungkap Pasar Mobile Game Menanjak Drastis di 2021

Safri Iqbal, 12 Mei 2021

Riset dari Facebook Ungkap Pasar Mobile Game Menanjak Drastis di 2021Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Perkembangan mobile game dalam kurun waktu 2 tahun belakangan memang sedang meroket tinggi. Dan kini di tahun 2021 pasar Mobile Game mencapai titik puncaknya.

Lewat riset Gaming Marketing Insight 2021, Facebook meneliti perkembangan pasar mobile game, pemain baru mobile game, pengeluaran pemain dalam bermain mobile game, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode survey di 9 negara yaitu Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Kanada, Perancis, Jepang, Vietnam dan Brazil.

Dari riset tersebut ditemukan berbagai macam poin yang sangat menarik terhadap perkembangan mobile game secara global. Untuk lebih singkatnya, berikut poin-poin penting dari hasil penelitian Facebook terhadap mobile game.

Jumlah Pemain Baru Mobile Game Meroket

Dalam kurun waktu 1 tahun yaitu dari tahun 2020 sampai 2021, jumlah pemain mobile game meningkat drastis hingga mencapai total 52.5 juta pemain di 4 negara besar yaitu Amerika Serikat, Inggris, Korea Selatan dan Jerman.

Berdasarkan survey, peningkatan ini dikarenakan meluasnya pandemi virus COVID-19 dimana orang-orang mulai mencoba game mobile ketika harus berdiam diri di rumah. Alasan pemain baru memilih untuk bermain game mobile adalah untuk menghilangkan stress dan menghabiskan waktu dikala pandemi COVID-19.

Para pemain baru game mobile juga menghabiskan waktu lebih banyak untuk bermain mobile game dibanding pemain lama. Rata-rata para pemain baru menghabiskan sekitar 10 jam per minggu sedangkan pemain lama menghabiskan waktu 8 jam per minggu.

Pilihan Jenis dan Genre Game

Antara bermain solo atau multiplayer, pemain mobile game baik lama maupun baru sama-sama lebih memilih bermain secara solo. Namun apabila ada kesempatan untuk bermain bersama orang lain lewat multiplayer, para pemain baru jelas memilih bermain secara multiplayer.

Lalu dari segi monetisasi game, para pemain lama dan baru lebih memilih free to play game dengan iklan maupun in-app purchases dibandingkan game berbayar atau pay to play. Data ini cukup masuk akal dikarenakan pasar game mobile kini memang sedang dikuasai game dengan model free to play dengan in-app purchases.

Untuk pilihan genre, dari 4 negara yang disebutkan tadi, genre yang paling mendominasi adalah genre Puzzle, kemudian diikuti Shooter, RPG, Sports dan Strategy.

Pengeluaran Pemain

Dalam bermain game mobile, para pemain baru mengeluarkan uang lebih tinggi untuk membeli in-game purchase dibandingkan pemain lama. Pemain baru dapat menghabiskan sekitar $32 (455 ribu rupiah) sedangkan pemain lama menghabiskan uang sekitar $17 ( 241 ribu rupiah).

Berdasarkan survey, alasan pemain menghabiskan uang dalam bermain mobile game adalah untuk melengkapi item yang dapat dikoleksi. Seperti contohnya karakter langka dalam game RPG. Alasan lainnya yaitu untuk menghilangkan iklan dan membeli item kosmetik.

Itu tadi beberapa poin penting dari hasil riset Facebook terhadap perkembangan mobile game. Sebagai gamers tentunya seiring berkembangnya pasar mobile game juga harus diikuti oleh kualitas mobile game itu sendiri. Apabila mobile game mampu mengembangkan kualitas secara drastis, maka tidak mustahil apabila pasar game mobile mampu melampaui pasar game konsol maupun PC.

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: