Share yuk !

Di Indonesia, Hp dengan rentang 3 juta kebawah (tapi di artikel ini pada dasarnya harganya dibawah 2,7 juta semua) memang sering di lirik karena harga yang dibawa cukup ekonomis dan fungsionalitas yang bagus, tidak jarang ada yang ngasi spesifikasi yg cukup tinggi (untuk dikelasnya).

Dikarenakan hal tersebut, tidak jarang yang mencari Hp di rentang segini untuk dijadikan sebagai Hp “Gaming”. Dengan adanya list ini, semoga dapat membantu pembaca untuk memilih Hp yang sesuai dengan kebutuhan mereka yakni gaming.

Penilaian penulis menilai berdasarkan keseluruhan ponsel tidak hanya spesifikasi yang dibawa saja ataupun dari harga tertinggi ke terendah. List ini akan dibagi menjadi dua bagian yakni Hp baru dan Hp bekas. List per bulan April ini.

Hp Baru

Pada dasarnya, yang paling ideal adalah membeli Hp baru, dikarenakan tidak adanya unsur “Gacha” disaat membelinya, Berikut list rekomendasi Hp baru. 

1. Redmi Note 10

Hp ini bisa dikatakan tidak ada obat di rentang dibawah 2.7 Juta. Bagaimana tidak, Redmi Note 10 memakai layar Amoled dengan proteksi Gorilla Glass 3, contrast ratio yang dibawa tentu saja ∞:1; Snapdragon 678 bisa dikatakan bukanlah SoC yang lambat di kelasnya dengan skor Antutu sekitar 210 Ribu; Kamera 48 Mp dengan juga tidak terlalu jelek; dan batre yang segede badak ditambah fast charging hingga 33 Watt; dan tentu saja sudah WideVine L1, yang berarti Hp ini dapat memutar film dengan resolusi maksimal dan HDR di Netflix. Harga? 2.4-2,5 Juta.

2. Redmi Note 9 (6GB/128GB)


Hp ini sebenarnya umurnya belum satu tahun, namun patut untuk dilirik dikarenakan harga nya sudah turun. SoC yang digunakan memanglah Mediatek Helio G85, tapi SoC ini tidak terlalu jauh bedanya dengan Snapdragon 678 dengan skor Antutu sekitar 200 Ribu, percayalah perbedaan 10 Ribu di Antutu tidak akan berasa di dunia nyata; Layar sudah punchole dengan resolusi FHD, dengan contrast ratio sebesar 1242:1, tidak buruk di harganya; keluhan terbesar di Hp ini hanya pada kamera saja yang tidak sesuai ekspetasi dari kasta “Redmi Note”.

Perlu dicatat, kalian jangan membeli yang versi 4/64-nya, dikarenakan harganya relatif tidak terlalu jauh dengan 6/64. Jangan lupa dengan adanya ram lebih banyak, kalian dapat melakukan multi-tasking yang lebih lancar, terutama di penggunaan sehari-hari. Harga di rentang 2.4-2.5 juta, ini benar benar sebagai alternatif dari Redmi Note 10 tapi bagi yg ingin ram lebih besar dan storage yg lebih luas jauh. Jikalau penggunaan jangka panjang, perbedaan ram dan memorry internal ini akan berasa jauh bedanya.

3. Realme Narzo 30A


Realme Nazro 30A ini bagaikan Redmi Note 9 (6/128) namun dengan harga jauh lebih murah. Perbedaan paling berasa antara Realme Narzo 30A dengan Redmi Note 9 (6/128) ada pada resolusi layar yang lebih rendah (720p); lebih murah; dan ram yang hanya 4GB dan memory internal hanya 64GB saja; Harganya pun ada di rentang 1,8 – 1,9 juta.

Honorable mention untuk:

1. Infinix Note 8


Hp ini tidak bisa penulis masukan ke dalam list diatas dikarenakan Infinix Note 8 ini membawa resolusi layar 720P di ukuran layar hampir 7″, ditambah optimalisasi XoS yang kurang bagus, banyaknya bloatware beserta iklan yang mengganggu, dan kamera yang tidak bisa dibilang bagus. Harganya ada di antara 2,1-2,3 Juta.

2. Realme 6


Alasan tidak bisa memasukan ke dalam list teratas adalah keterbatasan stock barunya, dan memang sudah tidak di produksi lagi, namun masih ada yang menjual baru nya kok. Jikalau kalian beruntung mendapatkan Realme 6 dibawah 2.7 Juta. Langsung ambil ini, kurangnya hanya pada layar yang masih IPS dan ketersediannya nya saja.

Untuk rentang dibawah 2 juta sebenarnya tidak ada yang lebih baik dari Realme Narzo 3A, saya lebih merekomendasikan ambil list bekas dibawah ini jikalau keuangan kalian benar benar terbatas dan ingin Hp yang bisa diajak Gaming.

HP Bekas

Perlu dicatat, konsekuensi membeli Hp bekas adalah gacha. Yang berarti, kondisi (seperti kondisi fisik, batterai, layar, dan lain lain) dari Hp tersebut bisa berbeda beda dan tentu saja tidak ada garansi, jadi kalau ada apa-apa ya wasalam. Tapi jikalau berani ambil resiko tersebut kalian bisa dapat Hp yg bagus.

1. Sony Xperia XZ2 Premium.


Dengan harga 2,2-2,4 juta XZ2 Premium menjadikannya HP terpowerfull di list ini. Hp ini ditenagai Snapdragon 845 ditambah dengan ram 6GB, skor antutu nya pun diangka sekitar 280 Ribu; Layar dari XZ 2 Premium ini tidak main-main, resolusinya 4K (800Ppi), Tapi panelnya IPS bukan Oled; Body yang kokoh dikarenakan berbahan dari metal dan kaca depan belakang; Dan terakhir speakernya sudah stereo layaknya

2. Google Pixel 3.


Hp yang terkenal akan Hp Android termurni, Google Pixel 3. Harganya diangka 2,4-2,7 Juta. Ponsel ini bisa dikatakan Hp dengan User Experience termulus di rentang harga segini. Hp ini menggunakan SoC Snapdragon 845 sebagai jeroannya dengan ram 4GB, tidak sebanyak XZ2 Premium memang. Yang spesial dari HP ini ada pada Kamera dan User Experiencenya yang mulus. Kamera yang dibawa masih sangat mumpuni, bahkan terkadang mengalahkan iPhone 11, gimana menarik bukan?

Jangan lupa layarnya sudah Oled dengan resolusi FHD yang impresive, body yang dibalut kaca depan belakang yang menambah kesan premium ketika di pegang.

3. Sony Xperia XZ2


Sony Xperia XZ1 ini, bisa dikatakan rajanya Hp di rentang dibawah 2 Juta. Bagaimana tidak, SoC yang digunakan Snapdragon 845 dengan 4GB ram. SoC ini masih kencang di jaman sekarang. Body full metal yang berasa kokoh, layar FHD dengan panel IPS namun tidak seperti IPS hp low-end, saturasi yang dibawa juga cukup tinggi, contrast yang dibawa juga cukup tinggi. Harga dari XZ1 ini hanya 1.5-1,8 Juta rupiah.

Dikarenakan harganya Sony Xperia XZ2 menjadikan Hp dengan SoC Snapdragon 845 termurah saat ini. Performa Snapdragon 845 ini pun masih diatasnya Snapdragon 678, yang membuatnya Hp terkencang dibawah 2 Juta.

4. Sony Xperia XZ


Jikalau kalian tidak mempunyai uang diatas 1 Juta, namun menginginkan ponsel yang powerfull di harganya. XZ ini tidak ada lawannya. Menggunakan Snapdragon 820 dengan ram 3GB, di bawah 1Juta tidak ada yang lebih ngebut dari ini. Namun konsekuensinya adalah, Snapdragon 820 ini bisa dikatakan SoC yang panas. Di harganya, layar 5″ FHD IPS nya bukan kaleng kaleng, dual speaker, dan kamera yang jauh lebih baik dibandingkan Hp yang dibawah 1 Juta.

Share yuk !