Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Youtuber catur, Levy Rozman alias GothamChess turut mengomentari kekalahan yang diderita Dadang Subur alias Dewa Kipas dari Grand Master wanita asal Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Rozman yang sebelumnya dikalahkan Dadang dalam pertandingan di Chess.com pada awal Maret ini, menyebut Dadang telah bertindak tidak jujur.

“Jadi Irene Sukandar telah mengalahkan Dewa Kipas 3-0. Akurasinya kurang dari 40 persen dalam permainan itu. Lebih dari 1 juta penonton menyaksikan pertandingan itu,” tulis GothamChess pada akun Twitternya, Senin (22/3/2021).

“Hal baiknya: catur jadi semakin populer. Orang yang bermain tidak jujur akan tertangkap. Hal buruknya: Dia mendapatkan $7000 dan disebut berani dan tidak mau mengakui kebenaran. ?????”

Dalam pertandingan yang digelar dan ditayangkan langsung di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021), Dewa Kipas memang kalah telah 3-0 dari Irene. Dirinya mengklaim tidak terbiasa bermain dengan sistem catur cepat yang digunakan dalam pertandingan melawan Irene. Padahal, menurut data akunnya yang kini telah diblokir Chess.com, Dewa_Kipas sudah terbiasa bermain rapid chess.

Meski kalah, Dewa Kipas masih mendapat uang senilai Rp100 juta dari Deddy Corbuzier. Sementara Irene mendapatkan Rp200 juta.

Selain menyindir Dewa Kipas, GothamChess juga mengunggah video di akun Youtubenya yang “membongkar” permainan Dadang Subur melawan Irene. GothamChess juga secara resmi membuka blokir akses Youtube dari regional Indonesia, yang sebelumnya dilakukan karena banyak serangan dair netizen Indonesia.

“Dear Indonesia, ini adalah perjalanan yang menyenangkan, tapi sekarang telah berakhir. Anda bisa mempercayai kebenaran atau bersembunyi darinya. Saya akan segera membuka kembali saluran Youtube saya. Jangan ragu untuk menikmati video saya sehingga Anda bisa mengalahkan teman Anda dalam catur. Damai dan cinta,” tulis Rozman.

GothamChess sebelumnya mendapat serangan dari netizen Indonesia lantaran telah melaporkan akun Dewa Kipas sebagai cheater. Hal ini berujung pada penghapusan akun Dewa_Kipas dari Chess.com. Netizen Indonesia yang marah menyerang sosial media dan Youtube GothamChess, bahkan beberapa ada yang mengirimkan ancaman pembunuhan, termasuk kepada kekasih Rozman.

Share yuk !