Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA –  Bagi kalian generasi Warnet pasti tidak lagi asing dengan situs yang satu ini, benar sekali Miniclip. Miniclip bersama Yahoo games, games.co.id, dan lain sebagainya.  Saat itu masih menjadi situs favorit untuk bermain games, selain itu Miniclip juga menyediakan genre yang bervariasi.

Dilaporkan pada tanggal 22 Oktober ( 22/10 ) yang lalu bahwa situs yang menemani masa kecil tersebut  sudah jarang bahkan tidak ada lagi  yang mengunjunginya. Walau server sudah sepi, kantor pusatnya masih menunjukkan aktivitas seperti biasa.

Penyebab Berakhirnya Era Online PC Game Seperti Miniclip

situs Miniclip
Tampilan website Miniclip saat ini | Miniclip.com

Merangkum dari PC Gamers, ketika mengunjungi situs tersebut, dari ribuan game yang tersedia disana saat ini hanya tersisa 2 game saja yaitu 8 Ball dan Agar.io. Sumber tersebut mengungkapkan ada dua faktor penyebab punahnya era game online seperti Miniclip, Yahoo Games, dan lainnya. Pertama disuntik matinya aplikasi Adobe Flash Online oleh Adobe itu sendiri.

Baca juga: Capcom Belum Berniat Merilis Remake Code Veronica

Sebagaimana kita tahu kalau Adobe Flash menjadi penjembatan bagi game-game online lawas agar dapat dioperasikan secara optimal, dan pada tahun 2020 yang lalu perusahaan Adobe secara resmi menyuntik mati engine andalan mereka dan digantikan oleh HTML5 yang dipercaya lebih aman dari gangguan malware sehingga penggunaan Adobe Flash perlahan menyusut dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, maraknya game online yang dapat dimainkan di ponsel dan tablet disinyalir juga menjadi alasan mengapa Miniclip semakin ditinggalkan oleh pemain aktifnya. Tak jarang beberapa event yang ditawarkan juga lebih bervariasi terlebih banyak artis dan band-band terkenal ikut meramaikan game online seperti BTS dengan Cookierun: Kingdom dan Free Fire, Blackpink dengan PUBG nya, dan lain sebagainya.

Dikarenakan Miniclip merupakan game yang cukup populer di warnet, dan Café Games, ketika tergantikan oleh era Game Mobile, secara langsung tempat tersebut mulai ditinggalkan pelanggannya. Dan bahkan PC pun juga menawarkan fitur sejenis seperti Windows 11 yang dapat memainkan game-game android.

Tak dipungkiri bahwa pesatnya teknologi dapat membunuh sang pendahulunya, tetap saja Miniclip dan aplikasi serupanya pernah menjadi bagian dari industri game. Terimakasih telah menemani kita disaat masih sekolah dahulu.

Share yuk !