Sony Akan Bawa Sejumlah Game PlayStation ke PC, Dimulai dari Days Gone

Thomas Rizal, 24 Februari 2021

Sony Akan Bawa Sejumlah Game PlayStation ke PC, Dimulai dari Days GoneGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sony akan menghadirkan sejumlah game PlayStation ke PC, dimulai dengan port Days Gone yang akan dirilis musim semi ini. Menurut wawancara GQ baru-baru ini dengan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, sang CEO menyatakan bahwa pihaknya berkesempatan membawa IP (intelectual property) PlayStation ke audiens yang lebih luas.

Seperti diberitakan The Verge, Proses port yang lebih mudah akan membuat lebih banyak game PlayStation dirilis untuk PC. Ditanya mengapa SIE kini mulai “merangkul” PC, Ryan menyebut sudah waktunya perusahaannya melakukan beberapa perubahan. Salah satu penyebabnya adalah faktor ekonomi.

“Kami sekarang berada di awal 2021 dengan studio pengembangan kami dan game yang mereka buat dalam kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya. Khususnya dari paruh kedua siklus PS4, studio kami membuat beberapa game yang sangat bagus,” kata Ryan.

“Ada peluang untuk mengekspos game-game hebat itu kepada audiens yang lebih luas dan mengingat ekonomi pengembangan game. Biaya pembuatan game naik di setiap siklus, karena kualitas IP telah meningkat. Selain itu, kemudahan kami untuk menyediakannya bagi pemilik non-konsol telah berkembang. Jadi ini adalah keputusan yang cukup mudah untuk kami buat.”

PlayStation memiliki awal yang kuat dengan rilis PC modern pertamanya, dengan Horizon Zero Dawn terjual 716.000 kopi secara digital selama bulan rilis Agustus, menurut SuperData Nielsen. Berkaca pada penerimaan PC Horizon, Jim Ryan mengatakan kepada GQ bahwa dia tidak hanya melihat tanggapan dari para pemain PC, tetapi juga komunitas PlayStation yang ada.

“Kami menilai dalam dua cara. Pertama, dalam hal keberhasilan langsung dari aktivitas penerbitan game di PC, dimana orang menyukainya dan mereka membelinya. Kedua, kami juga melihat dari sudut pandang komunitas PlayStation tentang game tersebut. Tidak ada reaksi merugikan yang masif. Jadi kami akan terus mengambil langkah ini.”

Dalam laporan perusahaan yang diterbitkan musim panas lalu, Sony telah mengatakan akan menjajaki peluang untuk menghadirkan lebih banyak game PlayStation eksklusif ke PC. Selain Horizon, game yang dulunya eksklusif PlayStation 4 Death Stranding dan Detroit: Being Human juga dirilis untuk PC musim panas lalu.

 

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: