Steam Catat Kenaikan Waktu Bermain Hingga 50 Persen di Tahun 2020

Thomas Rizal, 15 Januari 2021

Steam Catat Kenaikan Waktu Bermain Hingga 50 Persen di Tahun 2020Game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Minat terhadap game meningkat selama pandemi COVID-19, khususnya setelah masyarakat diminta untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Hal ini dialami oleh platform Steam, yang baru saja membeberkan laporan data penggunanya di tahun 2020. Valve baru saja mengumumkan pertumbuhan industri game berdasarkan laporan Steam 2020 Year in Review.

Berdasarkan data tersebut, pemain game di PC mengalami peningkatan waktu bermain hingga 50,7 persen pada tahun lalu, jika dibandingkan dengan waktu bermain di tahun 2019. Masih dari data yang sama, Valve juga mengungkapkan setiap bulannya ada sebanyak 2,6 juta orang yang membeli game baru di Steam sepanjang 2020.

Selama 2020, ada sekitar 120 juta pemain aktif Steam per bulan. Jika dihitung berdasarkan harian, maka ada sekitar 62,6 juta gamer yang memainkan game dalam Steam setiap harinya. Tak hanya soal jumlah pemain yang aktif, Steam juga memperoleh keuntungan dari penjualan game-game di lapaknya.

Data menunjukkan bahwa penjualan game di Steam naik sebesar 21,4 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019. Selain itu, data Steam juga menunjukkan jumlah pemain tertinggi yang bermain di waktu yang sama sebanyak 24,8 juta pemain.

Selain memperlihatkan data performa Steam, tahun lalu, Valve juga mengungkapkan rencana yang akan mereka jalankan pada 2021. Saat ini, Valve sedang fokus membawa Steam ke pasar yang lebih luas, yakni China dengan menggandeng Perfect World sebagai partner. Valve juga dikabarkan bakal mengembangkan aplikasi mobile Steam agar para pemain lebih mudah melakukan transaksi dan bermain game.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: