Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Game sejatinya diciptakan untuk membuat para pemainnya bersantai. Namun, ternyata tak semua game berhasil meregangkan urat ketegangan para pemainnya. Beberapa game justru menambah tingkat stres para pemainnya. Sebuah studi yang diselenggarakan BonusFinder menguji game-game mana saja yang membuat para pemainnya stres. Bekerja sama dengan ilmuwan olahraga, tim BonusFinder memerintahkan 14 gamer kompetitif untuk memainkan 16 game paling populer dan menantang, untuk mencari tahu game mana yang paling menyebabkan stres saat bermain.

“Kami mencari 14 gamers yang menyatakan mereka bermain setidaknya selama 15 jam per minggu, dan akrab dengan judul-judul game dalam daftar penelitian. Setiap gamer mengenakan monitor detak jantung yang melacak detak jantung mereka dari waktu ke waktu dan memungkinkan pengumpulan data melalui ekspor massal,” kata tim peneliti mengenai metode penelitian.

Hasilnya terbilang mengejutkan! Dikutip GAMEFINITY.ID dari Invision Community, hasil penelitian menemukan Mario Kart sebagai game yang paling menegangkan untuk dimainkan. Dengan detak jantung yang meningkat rata-rata 21 BPM selama sesi game 30 menit (32,81 persen meningkat dari rasio istirahat), bermain Mario Kart secara fisik lebih melelahkan daripada game lain yang diuji. Setara dengan melakukan olahraga ringan, penelitian ini menunjukkan seberapa kompetitif pemain game saat mencoba memenangkan balapan tersebut.

10 game paling menegangkan berdasarkan peningkatan detak jantung rata-rata selama sesi 30 menit/Invision Community

Bahkan memainkan Mario Kart tercatat lebih meningkatkan rata-rata detak jantung selama sesi bermain, ketimbang FIFA 20, Call of Duty: Modern Warfare, Dark Souls III dan Fortnite.

“Kami mengukur detak jantung istirahat untuk perbandingan dasar dan mencatat detak jantung pada interval 10 detik untuk setiap pemain. Data tersebut dirata-ratakan dari semua peserta yang memainkan setiap permainan untuk memastikan tidak ada pencilan atau anomali yang mengganggu hasil. Meskipun kami memiliki beberapa puncak dalam detak jantung, untuk tujuan studi ini, kami mengambil puncak tertinggi dari setiap peserta per game, lalu dirata-ratakan dari jumlah total peserta (14) untuk mendapatkan angka akhir kami.”

Selain menguji detak jantung sebagai indikator meningkatkan stres, peneliti juga mengukur game mana yang menghasilkan momen pemicu adrenalin yang paling mendebarkan secara keseluruhan. Peneliti juga meningkatkan keseruan bermain dengan menerapkan putaran eliminasi hingga babak final.

10 game paling menegangkan berdasarkan detak jantung puncak selama sesi 30 menit/Invision Community

Data menunjukkan Dark Souls III dinilai sebagai game yang paling memicu adrenalin, dengan lonjakan detak jantung yang sangat besar hingga 127 BPM selama pertarungan bos dengan Darkeater Midir. Fall Guys menempati posisi kedua, dengan detak jantung yang meningkat setinggi 125 BPM ketika peserta mencapai babak final dan hampir menang. Sementara Mario Kart berada di posisi ketiga dengan lonjakan sebesar 111.

Sementara itu, penelitian juga menemukan beberapa game seperti Animal Crossing, The Sims, dan Skyrim semuanya justru menurunkan detak jantung peserta rata-rata 5 persen selama sesi 30 menit. Hasil ini sejalan dengan popularitas mereka sebagai game “penghilang stres”.

Share yuk !