Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Salah satu operator penyedia jaringan telekomunikasi di Indonesia, XL Axiata kini mulai menunjukkan keseriusannya dalam meluncurkan layanan 5G.

Hal ini diungkapkan oleh Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih. Ia mengungkapkan bahwa XL Axiata sangat siap untuk menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo dalam meluncurkan layanan 5G miliknya.

“XL Axiata sangat serius dalam mempersiapkan layanan 5G, baik secara teknis maupun non teknis,”

“Diharapkan implementasi jaringan 5G XL Axiata dapat mendorong pengembangan pemanfataan-pemanfaatan baru yang bermanfaat untuk industri,” ujar Tri Wahyuningsih.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, untuk dapat mendirikan infrastruktur 5G di Indonesia, XL Axiata pertama harus mengadakan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G.

Kemudian XL Axiata harus menunggu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO). Setelah surat diterima barulah XL Axiata bisa meluncurkan layanan 5G miliknya.

Sistem Jaringan 5G Milik XL

Head Strategic Operation and Automation XL Axiata, Ahmad Hamzah menceritakan progress pengembangan jaringan 5G XL Axiata.

Menurut Ahmad, kini XL Axiata tengah menjalani proses persiapan dalam menyelenggarakan Uji Laik Operasi (ULO) agar segera mendapatkan izin pengadaan layanan 5G dari Kominfo.

Kalo jaringan 5G di kita, tahun kemarin kita sudah testing role out ya, tahun ini kita siap-siap Uji Laik Operasi, bahwa XL Axiata serius ini untuk melakukan ULO,” ujar Ahmad Hamzah.

Selanjutnya Ahmad Hamzah menjelaskan tentang sistem teknologi 5G yang akan digunakan oleh XL Axiata.

“Nah yang kita gunakan teknologi 5G yang sekarang adalah DSS (Dynamic Spectrum Sharing) ya. Jadi kita pakai spektrum yang sekarang untuk berbagi dengan 5G,” kata Ahmad

Sebelumya XL sempat melakukan uji coba sistem 5G DSS pada tahun 2020. Sistem DSS ini digunakan operator untuk menggunakan spektrum yang sama untuk teknologi 5G dan 4G.

Hasilnya kecepatan unduh 5G XL Axiata mencapai 176 Mbps, kecepatan unggah sebesar 90,4 Mbps dan latensi 11 milidetik.

Saat ini, XL Axiata mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz.

Share yuk !