Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Menara Citadel merupakan salah satu tempat yang ikonik di game Half – Life 2. Menara Citadel ini menjulang sangat tinggi ke angkasa, dan memang terlihat epic. Menara Citadel ini memang sering kali menjadi perbincangan para fans Half – Life, mereka sering berdebat terhadap tinggi aktual dari menara ini. Nah, ada seorang fans Half – Life ini yang rela menghabiskan waktu 9 tahun untuk memastikan tingginya secara akurat.

Salah satu fans Half – Life sempat menanyakan secara langsung ke Marc Laidlaw (selaku penulis cerita Half – Life 2) mengenai tinggi menara itu, Marc pun menjawab bahwa tinggi dari menara itu sekitar 1 Mil saja (atau setara dengan 1,6KM). Karena terdengar terlalu pendek, semenjak saat itu lah, para fans mulai untuk mengukur tinggi menara Citadel ini secara mendetail.

Pada awalnya, menara ini terbukti memiliki tinggi hampir menyentuk 3 KM, namun di tahun 2012 mengalami beberapa revisi, dan tinggi dari menara ini terbukti “hanya” 2,5KM atau secara akuratnya 2.569 Meter. Banyak fans yang masih meragukan dengan fakta ini, salah satunya pemilik akun reddit Rscreamroad.  Karena ia ragu, mulailah ia mengukur tinggi menara Citadel ini secara akurat dengan metodenya sendiri.

Ia memulai pengukuran dari chapter dimana pemain ditempatkan di puncak menara, lalu ia melihat kebawah dari puncak menara tersebut. Setelah ia teliti, yang berada di dasar tersebut terlihat dari sebuah gambar peta satelit di New York, ternyata gambar tersebut diambil dari ketinggian 8.779 Meter.

Untuk lebih akuratnya, ia pun meng-import asset menara Citadel ke Blender, dan hasilnya menunjukan tingginya tidak beda jauh dari hasil satelit yang tadi, dengan ketinggian 8.406 Meter. Supaya kalian memiliki gambaran Rscreamroad membuat perbandingan antara menara ini dengan gunung Everest ataupun Burj Khalifa.

Tapi walaupun begitu, ia masih belum begitu yakin dengan angka tersebut karena Source Engine memiliiki beberapa model menara Citadel dan Blender sendiri sering melakukan konversi ukuran objek sendirinya, sehingga ia masih belum bisa memastikan tinggi menara ini secara pasti.

Share yuk !