Share yuk !

GAMEFINITY.ID, KOTA BATU – Game rhythm merupakan salah satu jenis game yang populer pada masa kini. Tidak heran bila terdapat banyak pilihan yang tersedia untuk platform jenis apapun. Tidak terkecuali rhythm games platform mobile yang menawarkan banyak pilihan untuk dimainkan seperti Voez, Cytus 2, Arcaea, dan Phigros. Namun, ada dua game rhythm yang bisa dikatakan sebagai “saudari kandung”. Yaitu, BanG Dream atau biasa disebut Bandori dan D4DJ. Karena saya kebetulan bermain kedua game tersebut, kali ini kita akan membahas mana yang lebih baik dalam satu aspek karena tentunya setiap game memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

  1. Overview

Bandori dan D4DJ sendiri memiliki publisher yang sama namun memiliki developer yang berbeda. Bandori dikembangkan oleh Craft Egg, sementara D4DJ dikembangkan oleh Donuts Game. Kedua game ini memiliki publisher yang sama, yaitu Bushiroad.

Bandori sendiri dirilis pada 16 Maret 2017 di Jepang dan 4 April 2018 untuk versi bahasa inggrisnya dengan nama game “BanG Dream! Girls Band Party!”. Sementara D4DJ baru dirilis pada 25 Oktober 2020 di Jepang dan 27 Mei 2021 untuk server global dengan nama game “D4DJ Groovy Mix”. Kedua game ini juga telah diadaptasi menjadi serial animasi.

Bandori memiliki 7 band hingga saat ini, yaitu Poppin’ Party, Afterglow, Pastel Pallettes, Hello Happy World, Morfonica, dan Raise-a-Suillen. Sementara D4DJ hanya memiliki 6 band, yaitu Happy Around, Peaky P-key, Merm4id, Rondo, Photon Maidens, dan Lyrical Lily serta satu karakter yang dapat digunakan oleh para pemain, Michiru Kaibara.

  1. Gameplay

Untuk urusan gameplay kedua game ini sama seperti sebuah game rhythm biasa. Para pemain diharuskan untuk menekan notes yang datang. Namun, terdapat perbedaan pada kedua game ini. D4DJ memiliki disk lanes yang terletak pada lane paling kanan dan kiri sebagai tempat munculnya flick notes. Sementara Bandori menyetarakan semua lane-nya dan flick notes dapat muncul di lane manapun.

Dalam sistem skor, dua game ini mempunyai beberapa kemiripan. Intinya kalian harus mendapatkan member terbaik untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan member tersebut, kalian dapat melakukannya dengan gacha, menyelesaikan event, dan menukarkan beberapa “ticket” untuk ditukarkan dengan karakter tertentu.

Ada beberapa perbedaan pada dua game ini. Bandori memiliki sebuah band yang terdiri oleh 5 member sementara D4DJ hanya diisi oleh 4 member saja. Namun, dalam pengalaman saya bermain kedua game ini, di D4DJ sangatlah mudah untuk para pemain mendapatkan member *4 yang notabene merupakan member dengan power terkuat pada dua game ini. Oleh karena itu, D4DJ lebih ramah untuk pemain baru. Sementara di Bandori sendiri lebih sulit untuk mendapatkan member *4 jika dibandingkan dengan saudarinya. Namun, keduanya menjamin para pemain untuk mendapatkan karakter *3 saat melakukan 10x gacha.

  1. Tingkat Kesulitan

Tentunya dalam bermain game rhythm para pemain akan menemukan kesulitan sesuai dengan level yang dimainkannya. Tingkat level yang ada dalam dua game ini berbeda-beda. Bandori memiliki bentang level termudah level 1 dan yang tersulit level 29. Sementara D4DJ memiliki betangan level mulai dari level 1 hingga yang tersulit adalah level 15. Keduanya menyediakan mode “rehearsal” untuk memfasilitasi para pemain yang ingin berlatih sebuah lagu.

Dalam permainannya sendiri, D4DJ dapat dikatakan sebagai game yang  ramah bagi newbie. Hal ini dikarenakan adanya fitur auto-tap yang disediakan. Pemain tidak perlu untuk menekan notes yang disetel auto-tap saat bermain.

Sementara itu Bandori tidak menyediakan mode auto-tap. Dengan ini permainan akan menjadi lebih sulit namun menantang. Dengan flick notes yang terkadang membuat kesal para pemain serta slide notes yang cepat membuat pengalaman yang baik bagi para penyuka tantangan.

Lagu tersulit pada game Bandori adalah lagu level 29, Roku Chounen to Ichiya Monogatari pada mode Expert. Sementara lagu tersulit yang ada di D4DJ saat ini adalah lagu level 15, Love-Colored Master Spark (DJ Genki Remix) pada mode Expert.

  1. Lagu

Saat ini Bandori memiliki 342 lagu yang dapat dimainkan pada server Jepang dan baru ada 270 lagu yang dapat dimainkan di server internasional. Sementara D4DJ memiliki total 340 lagu di server Jepang dengan sejumlah lagu instrumental, game, dan base song yang tidak dinyanyikan atau dimainkan oleh member D4DJ.

  1. Optimalisasi

Keduanya memiliki oengaturan live yang berbeda dimana D4DJ memiliki pengaturan yang lebih fleksibel. Di D4DJ para pemain dapat merubah lebar lane, panjang lane, serta ketebalan judgment line yang tidak bisa dilakukan pada game Bandori. D4DJ juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari Bandori.

Namun, aplikasi D4DJ terasa lebih berat ketimbang Bandori saat. Saat bermain D4DJ saya terkadang menghadapi kendala lag serta frame drop yang sering terjadi. Hal ini tidak dirasakan sekali atau dua kali, namun berkali-kali padahal kendala ini tidak pernah saya alami ketika bermain Bandori.

  1. Kesimpulan

Dari berbagai aspek diatas kita dapat menyimpulkan beberapa hal. D4DJ merupakan game baru yang lebih ramah untuk newbie yang disertai optimalisasi yang lebih fleksibel dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Sementara Bandori sendiri menyuguhkan pengalaman bermain yang lebih menantang serta mempunyai lebih banyak lagu yang dinyanyikan oleh membernya sendiri dalam bentuk cover atau original song.

Share yuk !