Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Motion sickness atau mabuk karena gerakan memang biasanya terjadi ketika kita sedang menaiki kendaraan seperti mobil atau kapal. Namun ternyata kalian bisa terkena motion sickness ketika bermain game.

Para dokter dan ahli menyebut motion sickness yang ditimbulkan oleh game dengan sebutan “simulator sickness”. Nama ini muncul saat dokter menemukan jenis motion sickness pada pasien yang merasa mual dan pusing setelah menggunakan flying simulator.

Menurut dokter, penyebab motion sickness karena bermain video game disebabkan terputusnya informasi yang diterima otak mengenai yang dilihat mata, dan dirasakan tubuh. Penyebab lainnya adalah ketika tubuh berpikir bahwa ia sedang diracuni dan kamu sedang berhalusinasi dari gerakan yang terlihat, tapi tak bisa dirasakan.

Jadi ketika kamu mengalami motion sickness, kamu akan merasa sakit kepala, vertigo, mual dan kehilangan keseimbangan tubuh.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya motion sickness ketika bermain game? Ini dia beberapa tipsnya.

Matikan Fitur Motion Blur

Jika kalian bermain game dengan detail grafik yang tinggi seperti Red Dead Redemption 2 atau Just Cause 4, kalian pasti akan menemukan fitur ini di dalam setting. Motion blur adalah sebuah fitur dimana lingkungan di dalam game akan tampak memudar ketika bergerak sehingga menciptakan kesan yang lebih realistis.

Namun ternyata motion blur sering menyebabkan pemain mengalami motion sickness. Fitur motion blur menyebabkan mata dan otak menganggap kalian sedang bergerak dalam kecepatan yang tinggi. Hal ini tentunya mengakibatkan motion sickness pada kalian.

Mematikan fitur motion blur akan membuat gambar terkesan lebih kaku namun mata kalian akan terasa nyaman dan tidak mudah lelah.

Atur Jarak, Kecerahan dan Kontras Layar

Bermain game dengan kontras dan kecerahan yang tinggi dapat menyebabkan mata terasa lelah dan pusing. Sangat tidak dianjurkan untuk bermain game di tempat yang gelap dengan kecerahan layar yang tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan retina mata terganggu dan tegang.

Cobalah mengatur kecerahan game secukupnya dan sesuaikan dengan kondisi cahaya tempat kalian bermain. Juga jangan lupa untuk menjaga jarak antara mata kalian dengan layar monitor/TV/smartphone.

Istirahat Apabila Mata Terasa Lelah

Apabila kalian merasa lelah setelah menghabiskan waktu lama saat bermain game, istirahatlah sejenak untuk membuat mata kalian rileks dan nyaman. Usahakan istirahat dan memejamkan mata sejenak selama 10 menit dan kalian bisa bermain game lagi.

Namun jika mata kalian terlanjur sangat lelah, sangat dianjurkan untuk tidur selama kurang lebih 1 jam. Hal ini dapat meredakan pegal di mata dan tubuh kalian terasa bugar kembali.

Share yuk !