Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Bermain game dalam jangka waktu yang lama memang kerap menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah stress mata atau Eye Strain.

Stress mata sendiri dalam dunia medis disebut dengan Asthenopia. Penyakit ini disebabkan tegangnya syaraf mata akibat terlalu sering menatap suatu objek secara intensif sehingga frekuensi kedipan mata berkurang. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan dalam otot dan syaraf mata.

Menurut dokter, Asthenopia sering ditemukan pada orang yang sering menatap layar baik televisi, komputer maupun handphone. Menatap layar yang terlalu cerah dengan jarak yang terlalu dekat dapat menimbulkan Asthenopia.

Berbagai gejala umum yang ditimbulkan Asthenopia adalah mata terasa pegal dan kering, pening di kepala, dan migrain. Gejala yang lebih parah yaitu vertigo dan mata terlalu sensitif terhadap cahaya yang masuk.

Lalu bagaimana cara mengatasi stress mata apabila kita terlalu lama ketika bermain game? Ini dia beberapa tips mengobati mata tegang.

Tidur dan Mengistirahatkan Mata

Seperti yang dijelaskan tadi, salah satu penyebab Asthenopia adalah mata yang lelah akibat frekuensi kedipan mata berkurang. Maka dari itu salah satu cara efektif dalam mengobati Asthenopia adalah tidur.

Dengan tidur, secara langsung kita mengistirahatkan mata yang terasa lelah. Selain itu ketika tidur otot dan syaraf mata yang tegang akan mengendur sehingga mata kita terasa lebih rileks.

Cobalah untuk tidur selama 1-2 jam setelah kita bermain game atau menatap layar gadget dalam waktu yang lama.

Gunakan Tetes Mata atau Artificial Tears

Salah satu gejala yang muncul ketika kita menderita Asthenopia adalah mata yang terasa kering dan tidak nyaman. Menatap layar secara intensif juga membuat produksi air mata berkurang sehingga mata lebih cepat kering.

Untuk mengatasi gejala tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata dapat membasahi mata sekaligus mendinginkan mata yang sedang tegang.

Apabila gejala Asthenopia terlalu parah seperti penglihatan buram dan terlalu sensitif dengan cahaya, dokter menyarankan obat tetes mata dengan kandungan air mata buatan.

Memandang Objek Yang Jauh dan Luas

Saat kita bermain game, mata kita lebih terfokus kepada objek yang kecil dan dekat. Nah agar otot mata kembali melentur alangkah baiknya kita mencoba keluar dari rumah dan memandang objek yang luas.

Cobalah untuk berjalan-jalan di bukit atau sawah dan melihat luasnya pemandangan disana. Selain menghilangkan ketegangan di mata, melihat pemandangan juga dapat meredakan stress pikiran setelah bermain game secara intensif.

Nah itu tadi beberapa tips tentang cara mengatasi stress mata setelah bermain game terlalu lama. Yuk tetap jaga kesehatan kita agar kita tetap dapat bermain game favorit kita tanpa terganggu penyakit. Stay Healthy, Gamers!

Share yuk !