Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Game dengan genre racing jaman sekarang sudah banyak memiliki fitur photomode yang sudah cukup lengkap, sebagai contoh Project Cars 2, Forza Horizon 4, Forza Motorsport 6 : Apex, dan lain sebagainya. Nah agar hasilnya epic, maka tips ini wajib kalian ikuti. Tentu saja, tips ini juga dapat di aplikasikan di dunia nyata loh!

Komposisi

Kunci dari hasil yang epic, salah satunya adalah komposisi. Pada Car Photography saya memiliki beberapa saran yakni sebagai berikut: Center Composition, Rule-Of-Thirds, The Rule Of The Horizon Line, S-Line, Depth-Of-Field.

tengah

  • Center Composition

Objek Mobil sebagian besar berada tepat ditengah. Tidak berada agak ke kiri/kanan, tepat di tengah-tengah. Komposisi ini sangat cocok untuk menangkap kecantikan visual body mobil kalian.

  • Rule-Of-Third

Komposisi ini berdasarkan dari potongan 9 buah kotak kecil dari keseluruhan foto, dan objek kalian ditempatkan dari ujung ujung potongan tersebut. Simpelnya adalah kalian menaruh objek mobil kalian agak ke kiri/kanan atas dan agak ke kiri/kanan bawah. Menurut saya secara pribadi, komposisi ini cocok diaplikasikan ketika kalian ingin memfoto mobil kalian ketika sedang berjalan.

  • The Rule Of The Horizon Line

Komposisi ini merupakan sebuah komposisi yang cukup klasik sebenarnya dan sudah ada dari dulu. Nah pada kompoisisi ini kalian membagi sekitar 60-75% atau jikalau ingin yang lebih ekstreme kalian bisa membagi sekitar 75%-90% antara dataran atau langit, terserah kalian pilih yang mana. Komposisi ini cocok dipadukan di hampir segala kondisi car-photography.

  • S-Lines

Sesuai dengan namanya jikalau kalian melihat sebuah objek (seperti jalanan misalnya) yang berbentuk hampir menyerupai huruf S, nah ini cocok dimasukan. Mata Manusia cenderung suka melihat objek yang agak berliku-liku namun beraturan. Dalam car-photography, pada umumnya objek ini sering ditemukan pada jalanan.

  • Depth-Of-Field

Tentu saja ini komposisi terfavorit hampir di segala aspek fotografi. Adanya komposisi ini dapat membentuk kesan “Isolasi” terhadap objek yang difoto, termasuk pada mobil yang kalian foto. Dengan begitu foto yang kalian hasilkan akan dirasa lebih “Stands-Out” atau “Pop-Out” dan berasa tidak membosankan. Depth-Of-Field ini boleh berupa bokeh ataupun motion blur.

Fotolah 50%-80% bodi mobil

Ini sangat krusial dalam car-photography, disini yang kalian ingin foto adalah mobil kalian, kecantikan bodi mobil kalian dengan begitu berikan kesan kepada audiens bahwa yang kalian foto adalah mobil kalian bukan yang lainnya!

Mau bumbu bumbu dramatis?

Jikalau kalian ingin memberikan bumbu dramatis pada foto mobil kalian, cukup mudah, masukan lawan mobil kalian disaat balapan, tambahkan motion blur dan implementasikan komposisi fotografi.

Angle Camera

Jangan menggunakan sudut pandang “Frog view” dalam car photography, cukup dari low angle hingga normal angle, dan kalian bisa menggunakan “Birds view” jikalau memungkinkan.

Lens

Jangan pernah menggunakan lensa wide angle di car-photography, gunakan lah normal hingga telephoto lens. Alasan nya adalah, lensa wide angle terkadang akan mendistorsikan objek mobil kalian dan akan terlihat aneh dan tidak natural.

Go Crazy!

Jikalau kalian merasa sudah menguasai tips diatas maka, foto apa yang kalian tidak bisa dapatkan/lakukan di dalam dunia nyata, pikirkan segila gilanya dan implementasikan di game mobil kalian. Dengan begitu kalian akan mendapatkan foto yang unik dan epic!

Share yuk !