Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Platform streaming terbesar Twitch kini kembali menuai kontroversi. Pada tanggal 21 Mei 2021 kemarin Twitch mengumumkan untuk menambahkan kategori “Pools, Hot Tub and Beaches”.

Keputusan ini sangat menghebohkan komunitas Twitch. Pasalnya Twitch sudah dikenal lewat peraturan atau TOS yang sangat ketat. Bahkan banyak streamer yang terkena ban gara-gara sedikit menunjukkan konten yang agak seksual.

Lewat postingan resmi di halaman official-nya, Twitch menjelaskan alasan mengapa tidak memberikan Ban kepada streamer yang dianggap terlalu seksual lewat Hot Tub Stream.

“Di bawah kebijakan Nudity & Attire and Sexually Suggestive Content kami, Streamer dapat muncul menggunakan pakaian renang dalam situasi yang sesuai secara kontekstual (di pantai, di bak mandi, misalnya), dan kami mengizinkan seni kreatif dan ekspresif seperti tulisan tubuh dan lukisan tubuh, asalkan Streamer memiliki perlindungan yang sesuai seperti yang diuraikan oleh kebijakan kami.”

Kemudian Twitch juga menjelaskan alasannya menambahkan kategori “Pools, Hot Tub and Beaches”.

“Streamer yang menggunakan tema Hot Tub/Pools biasanya memasukan streamnya ke kategori Just Chatting. Dan karena banyak sekali streamer non Hot Tub/Pools yang menggunakan kategori Just Chatting, hal tersebut dapat mengganggu pemasukan ads dari streamer non Hot Tub/Pools. Maka dari itu, kami memutuskan untuk membuat kategori tersendiri yaitu “Pools, Hot Tub and Beaches”. Ujar Twitch pada postingan blognya.

Reaksi Para Streamer dan Komunitas Twitch

Keputusan yang diambil oleh Twitch ini menuai kritik dan kecaman dari berbagai streamer dan komunitas Twitch. Bahkan beberapa streamer mengancam akan hengkang dari Twitch apabila kategori ini tidak dihapus.

Salah satu streamer yang mengecam tindakan Twitch adalah Malena. Menurutnya, dengan menambahkan kategori “Pools, Hot Tub and Beaches” sama saja membantu mendorong para streamer baru untuk melakukan stream bertema seksual tersebut. Ia juga menambahkan bahwa reputasi Twitch sebagai platform streaming yang menjunjung norma dan integritas akan hilang.

Kemudian reaksi negatif juga datang dari salah satu streamer ternama yaitu xQc. Di dalam streamnya, xQc berpendapat bahwa kategori “Pools, Hot Tub and Beaches” memiliki beberapa loophole yang dapat dieksploitasi sehingga konten dengan tingkat seksualitas yang tinggi akan dapat lolos. Selain itu ia juga yakin jika Admin Twitch tidak akan mampu untuk mengontrol banyaknya kategori Hot Tub agar tidak melewati batas aturan.

Selain itu kritikan keras dilayangkan oleh AnnieFuchsia. Menurutnya kategori Hot Tub akan mendorong para viewer untuk melakukan pelecehan kepada streamer wanita. Para viewer dapat berpotensi menekan para streamer wanita untuk melakukan Hot Tub Stream.

Share yuk !