Share yuk !

GAMEFINITY.ID, PATI – Di era pandemi seperti ini sangat sering terjadi kendala dalam bermacam pekerjaan, tak terkecuali dalam development game. Maka dari itu tak jarang apabila pihak developer memutuskan untuk membatalkan perilisan game mereka. Baru – baru ini dikabarkan Ubisoft, salah satu developer besar di dunia tiba – tiba membatalkan 4 upcoming game mereka.

Sebelumnya Ubisoft telah mengumumkan bahwa perilisan game Avatar: Frontiers of Pandora akan ditunda hingga 2023-2024. Selain pengumuman delay, Ubisoft juga memberitahukan bahwa Splinter Cell VR, Ghost Recon Frontline beserta dua judul yang tidak diumumkan telah dihentikan pengembangannya.

Mengenai Game yang Dibatalkan

Splinter Cell VR pertama kali diumumkan pada tahun 2020 kemarin bersamaan dengan Assassin’s Creed VR yang akan dirilis untuk headset Oculus. Sedangkan Ghost Recon Frontline direncanakan akan menjadi game battle royale free-to-play, yang mana berbeda jauh dengan seri-seri sebelumnya. Kedua game ini sudah dikerjakan selama beberapa tahun. Untuk dua game terakhir sendiri masih belum diumumkan.

Ubisoft
Splinter Cell VR pertama kali diumumkan tahun 2020 | Source: Ubisoft

Finansial Ubisoft Yang Sedang Buruk Menjadi Faktor Utama

Pendapatan Ubisoft yang kurang memuaskan di tahun ini menjadi faktor utama dari pembatalan beberapa game barusan. Jika dilihat kebelakang memang Ubisoft masih belum mengeluarkan game – game skala besar di tahun ini. Pendapatan utama yang mereka dapatkan hanya dari Rainbow Six Siege yang baru saja merayakan ulang tahun ketujuh.

Baca Juga : Ubisoft Konfirmasi Leak Gameplay Skull and Bones

Reaksi Para Fans

Reaksi penggemar terhadap kabar ini cukup beragam. Sebagian besar mendukung pembatalan game Ghost Recon Frontline yang secara konsep telah keluar jauh dari seri Ghost Recon. Ubisoft memang terkenal dengan eksperimen-eksperimennya terhadap franchise mereka. Bisa kita lihat perubahan yang selalu Ubisoft bawakan di setiap game mereka, seperti Assassin;s Creed dan juga Tom Clancy. Namun perubahan yang akan dilakukan terhadap Ghost Recon Frontline sepertinya tidak mendapatkan respon positif di mata penggemarnya.

Ubisoft
Ghost Recon Frontline, Battle Royale yang dibatalkan Ubisoft | Source: Ubisoft

Berbeda dengan Ghost Recon Frontline, Splinter Cell VR cukup berhasil menarik perhatian sejak pertama kali diumumkan. Sepertinya menarik bagaimana rasanya mengenakan kacamata night vision meski melalui perangkat VR.

Kita tunggu saja dua game apa yang akan diumumkan pembatalannya. Ubisoft saat ini sedang fokus dengan event Ubisoft Forward, yang kemungkinan game – game besar mereka akan diungkap disana.

Jika kalian ingin tahu lebih banyak berita seputar game, kalian bisa mengunjungi Gamefinity. Buat kalian yang mau gacha atau top up game kesayangan kalian bisa langsung klik Gamefinity.id

Share yuk !