Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Kemampuan memainkan game dari konsol sebelumnya ke konsol next-gen (backward compatible) menjadi salah satu fitur yang dipertanyakan jelang peluncuran konsol generasi berikutnya, PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Sementara Microsoft menjamin semua game Xbox, Xbox 360 dan Xbox One dapat dimainkan di Xbox Series X/S, Sony hanya menjanjikan PS5 dapat memainkan “hampir semua” game PS4. Setidaknya ada sekitar 4000 lebih game PS4 yang dapat dimainkan di PS5.

Diantara beberapa game PS4 yang tidak dapat dimainkan di PS5, terdapat setidaknya 9 game garapan Ubisoft yang masuk dalam daftar. Game tersebut adalah Assassin’s Creed Syndicate, Assassin’s Creed Chronicles Trilogy Pack, Assassin’s Creed Chronicles India, Assassin’s Creed Chronicles China, Assassin’s Creed Chronicles Russia, Risk, Star Trek Bridge Crew, Werewolves Within dan Space Junkies.

Sebelumnya, Sony juga menyebut 10 game PS4 lainnya yang tidak bisa dimainkan di PS5. Nama-nama game tersebut ialah DWVR, Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One, TT Isle of Man – Ride on the Edge 2, Just Deal With It!, Shadow Complex Remastered, Robinson: The Journey, We Sing, Hitman Go: Definitive Edition, Shadwen dan Joe’s Diner.

Sony juga meningatkan beberapa fungsi yang tersedia di konsol PS4 mungkin tidak tersedia di konsol PS5. Dengan demikian, beberapa game PS4 berpotensi mengalami eror dan keanehan yang tidak terduga. Sementara itu, Sony juga menjelaskan cara kerja transfer game dan data save dari PS4 ke PS5. Proses transfer save data bergantung pada pengembang game masing-masing, yang berarti kemampuan untuk melakukannya juga bervariasi dari judul demi judul.

Beberapa game PS4 ketika dimainkan di PS5 akan mendapatkan game boost performa, seperti berjalan dengan frekuensi gambar yang lebih tinggi atau lebih lancar. Ghost of Tsushima contohnya ketika dimainkan di PS5 dapat mendukung frame rate hingga 60fps.

Share yuk !