Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Di masa pandemi seperti ini memaksa pembelajaran yang seharusnya dilakukan di sekolah atau kampus harus dilakukan secara daring atau online. Hal ini biasanya menjadi tantangan tersendiri bagi para guru maupun siswa seperti materi yang kurang dipahami, banyaknya tugas mandiri atau bahkan masalah koneksi internet yang kurang memadai.

Kalau biasanya guru atau dosen menggunakan platform panggilan video seperti Zoom atau Google Meet untuk pembelajaran daring, berbeda dengan momen yang dibagikan oleh mahasiswi yang bernama Zahran ini.

Dibagikan dalam akun TikToknya @zahranfth, Zahran memperlihatkan pembelajaran online yang di kelasnya yang dilakukan menggunakan sebuah platform yang mirip game Harvest Moon.

@zahranfth

Kelas rasa Harvest Moon🥺😂 #foryou #fyp #SuperiorBarengOPPOA54 #ParselTokopedia #GoodDayFreezeYuk

♬ Television / So Far So Good – Rex Orange County

Dalam platform ini terlihat suasananya benar-benar mirip di kampus, lengkap dengan kelas, tempat duduk dosen dan mahasiswa yang tersusun rapi seperti kelas sungguhan.

Tak hanya itu, dalam kelas tersebut juga terdapat papan tulis yang bisa digunakan untuk share screen serta tempat khusus untuk presentasi tugas kelompok.

Diketahui, platform tersebut bernama Gather Town, sebuah platform yang menggabungkan fitur-fitur pada platform panggilan video dengan game RPG yang mirip dengan Harvest Moon dengan grafis 8 bit. Dengan ini, pengguna bisa berjalan-jalan seperti sedang bermain game saat kelas online.

Gather Town Online

Gather Town bisa diakses melalui websitenya, nantinya pengguna dapat membuat karakter dan tempat yang akan digunakan. Sebelum memulai kelas, pengguna harus memastikan kamera, mikrofon dan speaker berfungsi dengan normal, lalu untuk mengundang pengguna lainnya menggunakan link yang bisa dibagikan.

Platform ini bisa digunakan secara gratis dengan batasan tertentu. Versi gratis dari Gather Town hanya bisa digunakan untuk 25 orang dan dengan batas waktu hanya 2 jam saja. Untuk membuka batasan tersebut, pengguna harus membeli paket tertentu yang telah disediakan.

Hal ini tentunya bisa menjadi opsi untuk para guru atau dosen sebagai media dalam pembelajaran online. Nantinya dengan platform seperti ini diharapkan siswa tidak lagi jenuh dengan metode pembelajaran online yang begitu-begitu saja.

Gimana, tertarik memakai Gather Town dalam kelas online? Minta guru kamu untuk menggunakannya :v

Share yuk !