Wagub Jabar Temui Empat Remaja yang Dirawat di RSJ Akibat Kecanduan Game

Thomas Rizal, 16 Maret 2021

Wagub Jabar Temui Empat Remaja yang Dirawat di RSJ Akibat Kecanduan GameGame
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Empat remaja asal Jawa Barat harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat akibat kecanduan game. Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menemui langsung keempat remaja itu pada Selasa (16/3/2021).

Empat orang remaja putra itu sedang dalam perawat dan menjalani konsultasi di salah satu ruangan. Seperti diberitakan ANTARA, Wagub Uu berdialog dengan keempat remaja tersebut.

“Kenapa dirawat di sini. Sudah berapa lama menjalani perawatan di sini?” tanya Wagub kepada salah seorang remaja putra yang kecanduan game.

“Suka ngebanting hp (handphone). Sudah dua minggu,” ujar salah satu remaja.

 

Wagub Uu menyadari dampak smartphone yang luar biasa, khususnya apabila disalahgunakan. UU menyadari banyak anak-anak yang ketergantungan atau kecanduan (adiksi) terhadap gawai dan faktor penyebab kecanduannya beragam. Dirinya mendoakan agar para remaja putra tersebut bisa lepas dari kecanduan game.

“Penyebabnya bisa karena awalnya gangguan stres mengurung diri dan punya teman kemudian pegang telepon seluler karena enggak ada kegiatan. Bisa juga mereka enggak punya komorbid atau penyakit penyerta kemudian pegang handphone,” kata Uu.

Dirinya berharap para orang tua bisa mengawasi anak dengan berbagai situasi dan kondisi dan berikan pendidikan spiritual kepada anak. Menurut Wagub Jabar, kecanduan game di gawai sendiri menjadi salah satu fenomena tersendiri.

“Jangan biarkan anak mengurung diri sendiri di kamar, anak harus ceria, harus bergaul dengan temannya tapi jangan asal bergaul. Anak harus diberikan pendidikan ukhrowi dengan memanggil ustaz atau yang nonmuslim tokoh agama untuk menjaga keseimbangan,” katanya

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: