Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Meningkatnya minat akan game turut mengembangkan transaksi mikro alias pembelian dalam game. Banyak game-game favorit yang kini mengeluarkan “mata uang” nya sendiri, termasuk Free Fire dengan mata uang dalam game yang disebut Diamond. Para pemain pun kini sudah lumrah untuk membeli atau top up diamond, yang dapat digunakan untuk membeli kosmetik maupun item eksklusif lainnya.

Namun hal ini justru dimanfaatkan para pelaku tidak bertanggung jawab. Kini marak beredar “diamond merah”. Istilah ini mengacu top up diamond, namun alih-alih bertambah, diamond justru menjadi minus dan tidak bisa digunakan lagi.

Dikutip dari Esportsku, diamond merah sendiri disebabkan lantaran pemain Free Fire melakukan top up ilegal, seperti tidak melalui sumber resmi atau pembayaran yang dilakukan mencurigakan. Untuk itu, para Survivor yang ingin top up diamond ada baiknya untuk bertransaksi di dalam game atau toko resmi seperti Codashop atau Tokopedia.

Pembeli juga dapat melihat indikasi top up yang tidak aman jika harga diamond yang dijual tidak wajar. Misalnya jika 10.000 Ribu Diamond ditawarkan hanya seharga Rp200 ribu atau 300 ribu. Padahal harga wajarnya sendiri bisa di atas Rp1 jutaan.

Pemain juga perlu mengecek metode pengisian diamond tersebut. Jika memang illegal atau refund, hal itu bisa berbahaya dan justru merugikan para konsumen yang terlanjur membeli dan menggunakannya.

Lantas bagaimana dengan event giveaway? Pastikan ikuti event giveaway yang memang resmi dari game. Atau dari Youtuber terkenal yang memang selama ini rutin melakukan event dan sudah terbukti terpercaya.

Share yuk !