Ajukan Paten Konsol GPU Ganda, Sony Siapkan PS5 Pro?

Thomas Rizal, 7 Desember 2020

Ajukan Paten Konsol GPU Ganda, Sony Siapkan PS5 Pro?Gaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Konsol generasi berikutnya milik Sony, PlayStation 5 atau PS5 kini memang menjadi buah bibir. Belum sebulan sejak dirilis, Sony dikabarkan sedang menyiapkan versi Pro dari PS5. Pada awal tahun, Sony mengajukan paten untuk sebuah konsol yang ditenagai GPU ganda dan kemampuan cloud gaming.

Saat ini terdapat dua versi dari PS5, Standard Edition dengan disk drive disk Ultra HD Blu-ray, dan Digital Edition. Kedua model PS5 tersebut menggunakan prosesor khusus yang sama dengan CPU dan GPU terintegrasi untuk grafis tinggi hingga 4K, serta SSD berkecepatan tinggi dengan input terintegrasi yang akan memberikan muatan listrik kilat.

Melansir GSM Arena, konfigurasi GPU ganda dalam paten Sony mirip dengan yang ditawarkan SLI Nvidia dan CrossFire GPU AMD. Konsol ini diduga untuk PlayStation 5 versi Pro. Dua GPU tersebut secara bersamaan akan melakukan “render” terhadap sebuah frame, atau membagi frame menjadi dua dan mendistribusikan masing-masing ke dua GPU tersebut.

Salah satu GPU akan menjadi kontrol keluaran untuk HDMI, sementara yang lainnya untuk membaca frame dari GPU yang satu lagi. GPU ganda ini akan memiliki perangkat kontrol masing-masing agar memori tidak penuh. Konsol dengan GPU ganda ini akan bisa digunakan untuk game virtual reality (VR) berkualitas tinggi dan bermain game 4K di frame rate 120fps.

Sony juga menyinggung soal konsol game versi mewah atau high-end, yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dan cepat sekaligus GPU ganda. Sementara itu, terdapat juga konsol high-end dengan hanya satu GPU, diduga untuk lini PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro. Paten tersebut juga berisi informasi mengenai cloud gaming yang memerlukan sensor NFC, GPS, IR blaster, biosensor dan sensor cuaca.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: