ASUS ZenBook 14 (UX425) Ultrabook Mewah, Super Ringkas, dengan Port Lengkap

Fajar Arifin, 15 September 2020

ASUS ZenBook 14 (UX425) Ultrabook Mewah, Super Ringkas, dengan Port LengkapGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta- Sejak tahun 2013, ASUS selalu menghadirkan lini laptop premiumnya yaitu ZenBook. Berbeda dengan laptop consumer lainnya yang dimiliki oleh ASUS, ZenBook tampil dengan desain yang lebih mewah dan memiliki ukuran bodi yang sangat ringkas. ASUS juga telah beberapa kali menghadirkan inovasi terbarunya di lini ZenBook, seperti fitur layar kedua ScreenPad, tombol numerik virtual NumberPad, hingga sistem ErgoLift yang membuat laptop lebih ergonomis dan punya performa pendinginan lebih baik.

Di antara lini produk ZenBook, terdapat ZenBook Classic yang hadir sebagai laptop serba bisa untuk semua kalangan, mulai dari profesional hingga pelajar. ZenBook Classic memiliki desain yang simpel namun tetap elegan, dengan aksen warna yang tidak mencolok namun tetap bisa menjadi pusat perhatian. Secara keseluruhan, lini ZenBook Classic merupakan varian base model dengan desain yang mengacu pada ZenBook yang pertama kali diperkenalkan tujuh tahun silam.

Tujuh tahun kemudian, ZenBook Classic tentu mengalami banyak perubahan. Selain kini tampil dengan spesifikasi dan performa yang lebih baik, ZenBook Classic terbaru yaitu ZenBook 14 (UX425) hadir dengan desain lebih ringkas dan kokoh, serta memiliki serangkaian fitur yang tidak dimiliki oleh laptop sekelasnya.

Lebih Mewah dan Elegan

Tampil dengan desain mewah dan elegan merupakan DNA ZenBook sejak lama. ZenBook 14 (UX425) kali ini menggunakan bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat.

Salah satu ciri khas ZenBook kembali hadir di ZenBook 14 (UX425), yaitu desain “Zen” yang melingkar pada bagian belakang layarnya. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar ZenBook 14 (UX425) tampil lebih indah. Tentu saja semua itu akan percuma jika ZenBook 14 (UX425) tampil dengan bodi yang bongsor, tebal dan berat.

ASUS ZenBook 14 (UX425) hadir dengan bodi sangat tipis dan ringkas. Ketebalannya hanya 13,9mm saja sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam tas Anda. Selain itu, ZenBook 14 (UX425) juga sangat ringan. Karena menggunakan bodi berbagan aluminium alloy, ZenBook 14 (UX425) mampu tampil dengan bobot hanya 1,13Kg. Bepergian menggunakan ZenBook 14 (UX425) tidak akan membuat pundak Anda kesakitan karena bobotnya yang sangat ringan.

ZenBook 14 (UX425) merupakan laptop dengan layar 14 inci. Meski demikian, laptop ini memiliki bentuk yang sangat ringkas dan menyerupai dimensi laptop 13 inci pada umumnya. Bagaimana itu bisa dilakukan? Teknologi NanoEdge Display adalah jawabannya. Teknologi yang sudah cukup lama digunakan oleh ASUS di berbagai lini laptopnya tersebut membuat bezel layar dapat tampil sangat tipis hingga memiliki screen-to-body ratio mencapai 90%.

Berstandar Militer

ZenBook 14 (UX425) tidak hanya sekadar tampil mewah dan elegan. Laptop ini juga memiliki bodi yang sangat kokoh dan telah mendapatkan sertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G). ZenBook 14 (UX425) terbukti telah lolos berbagai pengujian berstandar militer, mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

Sertifikasi ketahanan berstandar militer tersebut membuktikan bahwa ZenBook 14 (UX425) merupakan laptop yang cukup tangguh meski merupakan laptop kelas consumer dan memiliki bodi tipis serta ringkas. Setidaknya dengan bukti lolos pengujian ketahanan tersebut, Anda akan dapat lebih tenang ketika membawa ZenBook 14 (UX425) bepergian.

Keyboard Lebih Lebar dan NumberPad 2.0

Salah satu fitur paling menarik di ZenBook 14 (UX425) adalah edge-to-edge keyboard. Fitur ini membuat keyboard di ZenBook 14 (UX425) dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya. Artinya, ZenBook 14 (UX425) memiliki format keyboard lebih luas dan tombol yang lebih besar. Berkat fitur ini, mengetik menjadi lebih nyaman di ZenBook 14 (UX425).

Selain berkat keyboard yang dirancang lebih lebar, ZenBook 14 (UX425) juga memiliki fitur bernama ErgoLift yang juga membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Sama seperti di varian ZenBook lainnya, ErgoLift merupakan fitur yang membuat bodi utama ZenBook 14 (UX425) terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan. Posisi tersebut membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendinginan berkat rongka udara ekstra yang diciptakan dari posisi bodi utama yang terangkat.

Kembali ke keyboard, berkat bentuknya yang lebih luas ZenBook 14 (UX425) kini dapat tampil dengan tombol keyboard lebih banyak. Tombol seperti Home, Page Up, Page Down, dan End dapat disematkan di sisi kanan keyboard ZenBook 14 (UX425). Bagi yang terbiasa menggunakan shortcut di keyboard, keberadaan tombol tersebut tentunya akan membuat ZenBook 14 (UX425) semakin istimewa karena tombol tersebut sangat jarang ditemukan di sebuah ultrabook 14 inci.

Agar pengalaman mengetik semakin maksimal, ZenBook 14 (UX425) setiap tombol pada keyboard di ZenBook 14 (UX425) memiliki travel distance hingga 1,4mm. Angka tersebut cukup besar dibandingkan dengan ultrabook pada umumnya, sehingga pengguna ZenBook 14 (UX425) dapat merasakan sensasi mengetik layaknya menggunakan keyboard desktop. Selain itu, keyboard ZenBook 14 (UX425) juga memiliki jarak yang sangat ideal untuk diakses oleh jari manusia. Hasilnya adalah mengetik tidak hanya nyaman, tetapi juga menjadi cepat dan akurat.

Bagi Anda yang masih suka menggunakan numpad, ZenBook 14 (UX425) juga menawarkan fitur NumberPad 2.0. Fitur yang sebelumnya juga sudah pernah diperkenalkan di berbagai lini laptop ASUS kali ini mendukung penggunaan multifungsi yaitu menjadi touchpad dan  numpad untuk dapat digunakan bersamaan. Sebelumnya Anda harus memilih antara mode numpad atau touchpad untuk NumberPad, namun kini Anda bisa melakuakn semuanya bersamaan.

Konektivitas Lengkap

Sebuah ultrabook biasanya hadir dengan konektivitas terbatas, khususnya pada jumlah dan jenis port. Hal tersebut dikarenakan bodi ultrabook yang tipis membuat produsen laptop biasanya memilih untuk tidak menyematkan port yang berukuran besar seperti USB Type-A dan HDMI. Namun di ZenBook 14 (UX425), ASUS masih dapat menyematkan port USB Type-A dan HDMI ke dalam bodi laptop ini. Dengan demikian, Anda tetap bisa menggunakan aksesori yang masih menggunakan USB Type-A serta menghubungkan ZenBook 14 (UX425) ke monitor eksternal tanpa harus menggunakan dongle.

Sebagai laptop modern, ZenBook 14 (UX425) tentu saja dilengkapi dengan port USB Type-C. Dua buah port tersebut hadir di laptop ini dan telah mendukung teknologi USB Power Delivery. Artinya, laptop ini dapat diisi dayanya melalui port USB Type-C. Tidak hanya itu, port USB Type-C di ZenBook 14 (UX425) juga merupakan port Thunderbolt 3. Port Thunderbolt 3 memungkinkan skenario penggunaan pada ZenBook 14 (UX425) menjadi lebih luas. Salah satu skenarionya adalah mengubungkan kartu grafis desktop menggunakan external graphic card enclosure sehingga memungkinkan ZenBook 14 (UX425) untuk digunakan sebagai laptop penunjang pekerjaan berat, mulai dari bermain game hingga content creation.

ZenBook 14 (UX425) juga telah dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. ASUS juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan ZenBook 14 (UX425) mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Mendukung WiFi 6 terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse.

Daya Tahan Baterai Seharian

Meski ringkas, ZenBook 14 (UX425) memiliki kapasitas baterai mencapai 67Whr yang dapat bertahan hingga 22 jam berdasarkan pengujian internal ASUS menggunakan aplikasi Mobile Mark. Sementara saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, ZenBook 14 (UX425) dapat bertahan hingga 12 jam 44 menit. Perlu diketahui juga bahwa ZenBook 14 (UX425) terus terkoneksi ke internet menggunakan WiFi saat pengujian berlangsung.

Selain memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar, salah satu alasan mengapa daya tahan baterai ZenBook 14 (UX425) sangat panjang adalah teknologi 1W Panel. Berkat panel tersebut, konsumsi daya untuk layar secara keseluruhan dapat dikurangi hingga 63,6% dan dapat menambah daya tahan baterai hingga 37,5%. Berkat teknologi USB Power Delivery, ZenBook 14 (UX425) juga dapat diisi ulang dayanya menggunakan power bank.

Performa Kencang

ZenBook 14 (UX425) merupakan sebuah ultrabook super ringkas dan ringan yang dapat dibawa bepergian dengan sangat mudah. Namun jangan salah bahwa laptop ini juga memiliki performa yang kencang. Hadir dengan prosesor hingga 10th Gen Intel Core i7 (Ice Lake) yang memiliki konfigurasi hingga 4 core dan 8 thread, serta memiliki boost clock hingga 3,9GHz. KOnfigurasi tersebut sangat pas untuk sebuah ultrabook seperti ZenBook 14 (UX425) karena masih cukup kencang dan tidak boros daya.

Yang lebih menarik lagi, prosesor Intel Core i7-1065G7 yang hadir di ZenBook 14 (UX425) ditenagai oleh GPU terintegrasi Intel Iris Plus Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, GPU Intel Iris Plus tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah. GPU ini merupakan salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UX425) mampu memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang.

Menemani prosesornya, ZenBook 14 (UX425) juga dilengkapi dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x4 SSD berkapasitas 512GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak dan bergantung sepenuhnya pada chip NAND Flash sehingga jauh lebih tahan banting ketimbang HDD.

Untuk memori, ZenBook 14 (UX425) mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas 16GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR3X membuat ZenBook 14 (UX425) semakin gesit. Berbagai aplikasi pun dapat dijalankan dengan sangat lancar, bahkan sangat optimal untuk multitasking.

Daya Tahan Baterai Panjang

Dirancang sebagai perangkat yang dapat menemani mobilitas Anda sehari-hari, ZenBook 14 (UX425) hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yaitu ZenBook 14 (UX433). Kali ini ZenBook 14 (UX425) mengadopsi baterai berkapsitas 67Whr yang membuat laptop ini mampu bertahan hingga 22 jam menurut pengujian internal ASUS.

Sementara saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, ZenBook 14 (UX425) dapat bertahan hingga hampir 13 jam. Itu artinya Anda bisa menggunakan laptop ini untuk bekerja hingga lebih dari 12 jam. Jika rata-rata pekerja kantoran menghabiskan waktu hingga 8 jam sehari, ZenBook 14 (UX425) dapat menemani Anda bekerja seharian.

Selain berkat penggunaan prosesor hemat daya dari Intel, teknologi panel terbaru adalah salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UX425) dapat memiliki daya tahan baterai yang panjang. ZenBook 14 (UX425) menggunakan panel 1W terbaru. Teknologi panel tersebut memiliki konsumsi daya yang sangat rendah, bahkan dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 37,5% jika dibandingkan dengan menggunakan panel standar. 

Meski menggunakan panel 1W, kualitas tampilan tetap diperhatikan oleh ASUS. ZenBook 14 (UX425) hadir dengan layar beresolusi full HD (1920×1080 pixel) dan mampu memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color space sRGB.

Hasil Benchmark ZenBook 14 (UX425):

author avatar
Fajar Arifin

Fajar Arifin a.k.a Wa Brontok, bapac yang aktif bermain gim asal anak dan istri sudah tidur ini masih tetap setia bekerja di industri gim sejak tahun 2015. Di Gamefinity, Fajar berperan sebagai tukang ketik yang menyajikan informasi seputar gim dan Esports. Kalau kamu suka konten dari Fajar, yuk sawer dia melalui link berikut saweria.co/gamefinity

Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: