Dalam Dua Bulan Perdana, Sony Kirimkan 4,5 Juta Konsol PlayStation 5

Thomas Rizal, 4 Februari 2021

Dalam Dua Bulan Perdana, Sony Kirimkan 4,5 Juta Konsol PlayStation 5Gaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sony mengungkapkan telah mengirim 4,5 juta unit PlayStation 5 ke seluruh dunia dalam dua bulan perdana perilisan konsolnya secara global sejak 10 November lalu. Perusahaan asal Jepang itu baru-baru ini mengungkapkan dalam publikasi bersamaan dengan laporan pendapatan terbaru.

Angka tersebut menyoroti kemampuan Sony saat ini untuk memproduksi konsol secara massal, yang sangat sulit dibeli sejak peluncurannya pada November. Dikutip dari The Verge, Kamis (4/2/2021) permintaan PlayStation 4 turun secara drastis dari tahun ke tahun, dengan 1,4 juta unit dikirim pada kuartal Oktober hingga Desember, turun 77 persen dari tahun sebelumnya. Angka itu juga lebih kecil dibandingkan pada kuartal Juli hingga September.

Namun, secara keseluruhan, bisnis game Sony memiliki kinerja jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya, di mana analis Daniel Ahmad mencatat bahwa kuartal Oktober-Desember menjadi kuartal terbaik dalam sejarah PlayStation. Pendapatan meningkat 40 persen menjadi 883,2 miliar yen (sekitar Rp117,7 triliun), sebagian didorong oleh penjualan PS5.

Keuntungan operasional naik 50 persen menjadi 80,2 miliar yen (sekitar Rp10,7 triliun) berkat penjualan game yang meningkat, langganan PlayStation Plus dan margin yang lebih baik pada perangkat keras PS4. Sony mencatat biaya yang terkait dengan peluncuran PS5 seimbang dengan keuntungan, dan juga mengonfirmasi bahwa perangkat keras PS5 itu sendiri dijual dengan harga yang lebih murah daripada biaya pembuatannya.

Kerugian terjadi karena “titik harga strategis untuk perangkat keras PS5 yang ditetapkan lebih rendah daripada biaya produksi,” kata Sony. Terlepas dari hal itu, jumlah penjualan PS5 sebenarnya sama seperti PS4, yang juga mengirimkan 4,5 juta unit pada kuartal peluncurannya.

Berbeda dengan perilisan global pada November, konsol generasi berikutnya milik Sony itu baru dijual di Indonesia mulai 22 Januari lalu. Kendati demikian, tidak semua peminat bisa langsung membeli konsol terbaru tersebut di toko. Hal ini disebabkan lantaran stok PS5 di Tanah Air sudah ludes terjual.

Sementara itu, Microsoft tidak merilis angka penjualan spesifik untuk Xbox Series X atau Series S. Namun, perusahaan tersebut mengatakan pendapatan perangkat keras Xbox naik 86 persen tahun-ke-tahun.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: