Inovasi Laptop Gaming ROG Andalan ASUS, Seimbangkan Kecepatan dan Resolusi

Thomas Rizal, 13 Januari 2021

Inovasi Laptop Gaming ROG Andalan ASUS, Seimbangkan Kecepatan dan ResolusiGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Komunitas gaming tidak hanya sebatas Esports. Hal ini membuat ROG fokus dalam mengembangkan teknologi layar dengan panel IPS-level. Berbeda dengan teknologi panel lainnya, IPS-level mampu tampil dengan refresh rate yang kencang dan response time singkat, namun tetap memiliki sudut pandang lebar serta kemampuan reproduksi warna yang tinggi. Tahun 2020 silam, ROG bahkan dapat menghadirkan laptop gaming ROG Zephyrus yang mengusung panel 300Hz namun tetap memiliki kualitas reproduksi warna tinggi dan akurat dan mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated.

Menggunakan layar beresolusi tinggi juga akan menimbulkan masalah, pasalnya semakin tinggi resolusi layar maka akan semakin rendah refresh rate-nya. Sebelumnya layar beresolusi 4K UHD hanya dapat tampil dengan refresh rate 60Hz yang tentu saja bukan lagi standar untuk gaming. Untuk itulah tim ROG kali ini menghadirkan inovasi terkini yang akan meningkatkan standar industri pada layar laptop gaming.

Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan oleh tim ROG kali ini terdapat pada laptop gaming berlayar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE. Laptop gaming tersebut memiliki varian yang mengusung layar 4K UHD dengan refresh rate 120Hz dan response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Zephyrus Duo 15 SE memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat dengan color gamut hingga 100 persen pada Adobe RGB serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

Tidak hanya pada jajaran laptop gaming premium, tim ROG juga berkomitmen untuk menghadirkan inovasi tersebut sehingga dapat diakses oleh lebih banyak gamer. Pada bulan September 2020, ASUS ROG merupakan produsen laptop gaming pertama di dunia yang memperkenalkan layar WQHD dengan resolusi 2560 x 1440 pixel yang juga tampil dengan refresh rate hingga 165Hz. Teknologi layar ini akan menjadi standar baru dalam industri laptop gaming dan akan tersedia di jajaran laptop gaming ROG seperti ROG Zephyrus G15, ROG Strix G15, serta ROG Strix G17.

Layar berperforma tinggi tidak hanya akan dihadirkan pada laptop gaming berlayar besar. Laptop gaming dengan ukuran layar 14 inci seperti ROG Zephyrus G14 juga akan mendapatkan upgrade, yaitu layar dengan resolusi WQHD dengan refresh rate 120Hz. Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 juga memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Hal tersebut membuat ROG Zephyrus G14 sangat ideal sebagai “do-it-all laptop” yang sangat bertenaga, baik untuk bermain game, menikmati hiburan multimedia, bahkan hingga untuk content creation.

Tahun ini, ROG juga menghadirkan laptop gaming baru yang sangat spesial yaitu ROG Flow X13. Laptop gaming inovatif tersebut mengusung layar 13 inci yang disematkan pada form-factor 2-in-1 yang sangat ringkas. Meski demikian, tim ROG mampu menghadirkan layar beresolusi FHD dengan refresh rate 120Hz dengan rasio layar 16:10 yang memungkinkan ruang kerja lebih lega. Layar yang disusung di ROG Flow X13 juga memiliki fitur touchscreen dan mendukung penggunaan stylus.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: