Kok Cuma Segini? Ini Dia Spesifikasi Laptop dari Kemendikbudristek

Safri Iqbal, 29 Juli 2021

Kok Cuma Segini? Ini Dia Spesifikasi Laptop dari KemendikbudristekGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa Pemerintah melalui Kemendikbud dan Kemenristek akan mengalokasikan 240 ribu laptop untuk para pelajar.

Kini kejelasan mengenai bagaimana program tersebut beserta spesifikasi laptop yang dianggarkan untuk pelajar mulai menemui titik terang.

Karo Perencanaan Kemendikbudristek, M Samsuri angkat bicara mengenai program laptop untuk pelajar ini. Lewat wawancaranya dengan Detik ia menjelaskan spesifikasi laptop yang dianggarkan oleh Pemerintah ini. Direncanakan tiap laptop dianggarkan seharga sekitar 10 juta rupiah.

Samsuri juga menjelaskan bahwa harga 10 juta bukanlah patokan, namun hanya sebagai budget maksimal dalam pembelian laptop tersebut.

“Spesifikasinya sudah diatur sebagaimana tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021,”

“Soal harga nggak bisa dipukul rata Rp 10 juta tadi. Nanti bagaimana masing-masing daerah bernegosiasi karena prosesnya akuntabel dan transparan sesuai prosedur LKPP. Tiap vendor terdaftar dalam e-katalog,” kata Samsuri

Pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 5 Tahun 2021 juga dijelaskan minimum spesifikasi dari laptop tersebut. Ini dia spesifikasi lengkap minimal yang diatur oleh Kemendikbudristek.

ProsesorCore 2, Frekuensi > 1,1 GHz, Cache 1 M
RAM4GB DDR4
GPUHigh Definition (HD) Integrated
Hard drive32 GB
Monitor11 inch
USB PortUSB 3.0
NetworkingWLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
AudioIntegrated
Daya/powerMaksimum 50 watt
Operating systemChrome OS
Device managementReady to activated Chrome Education upgrade
Garansi1 tahun

Melihat dari minimal spesifikasi tersebut rasanya sangat kurang untuk ukuran laptop dengan anggaran 10 juta rupiah. Meskipun anggaran 10 juta tersebut tidak hanya laptop saja tetapi juga beberapa peripheral seperti router, connector, printer dan scanner, dan lain-lain.

Tentunya hal ini mengundang berbagai reaksi dari para netizen. Menurut mereka sangat tidak cocok laptop 10 juta dengan minimum spesifikasi yang diatur oleh Kemendikbudristek tersebut.

Menurut berbagai netizen spesifikasi tersebut sewajarnya dihargai sekitar 3-4 juta Rupiah termasuk dengan seluruh aksesoris dan peripheral seperti yang telah dijelaskan diatas.

Kita tentunya berharap spesifikasi dari laptop yang dianggarkan oleh Pemerintah jauh lebih baik daripada yang tertera pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 5 Tahun 2021.

author avatar
Safri Iqbal
Penggemar Dota 2 dan JRPG. Sosok manusia yang terlalu bodoh untuk menyerah. Pengikut setia serial game Final Fantasy, Shin Megami Tensei, The Legend of Heroes dan Ys.
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: