Sony Digugat Class Action Lantaran DualSense yang Sering Drifting

Thomas Rizal, 16 Februari 2021

Sony Digugat Class Action Lantaran DualSense yang Sering DriftingGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Gugatan class action telah diajukan terhadap Sony Interactive Entertainment atas dugaan penyimpangan pengontrol PlayStation 5, DualSense. Sebelumnya, beberapa pengguna memang telah mengeluhkan masalah terkait kontroler dari konsol generasi berikutnya milik Sony itu lantaran tombol analog dari yang menghasilkan gerakan sendiri, atau yang biasa disebut drifting.

Gugatan itu diajukan oleh Chimicles Schwartz Kriner & Donaldson-Smith (CSK & D), pada 12 Februari di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Baru Selatan York. Bagi yang belum mengetahui, CSK & D sendiri ialah firma hukum yang sebelumnya mengajukan gugatan class action terhadap Nintendo atas kendala drifting di Joy-Con milik Switch.

Tindakan tersebut diajukan terhadap Sony oleh penggugat yang berbasis di Virginia, Lmarc Turner, dengan keterangan “secara individu, dan atas nama semua orang lain yang memiliki masalah serupa”.

Gugatan tersebut menuduh Sony melakukan praktik bisnis yang “tidak adil, menipu, dan / atau curang”, yang menghasilkan kekayaan yang tidak adil, menuduh bahwa pengontrol DualSense memang rusak.

“Secara khusus, DualSense Controllers yang digunakan untuk mengoperasikan PS5 mengandung cacat yang mengakibatkan karakter atau alur game bergerak di layar tanpa perintah pengguna atau pengoperasian manual joystick,” bunyi gugatan tersebut, dikutip dari Video Games Chronicle.

Dalam gugatan itu, Sony dinilai telah mengetahui cacat Drift melalui keluhan konsumen secara online, keluhan yang dibuat oleh konsumen secara langsung, dan melalui pengujian pra-rilisnya sendiri. Penggugat mengklaim telah mengalami penyimpangan pada pengontrol DualSense yang didapatkannya dari PS5 saat membeli konsol.

Sejumlah pengguna yang terpengaruh juga telah memposting video secara online yang mendokumentasikan masalah tersebut.

“Tidak ada indikasi, bagaimanapun, bahwa Sony telah mengembangkan perbaikan aktual untuk masalah drift; sebaliknya, tampaknya hanya melakukan semacam perbaikan kecil dan mengirim Pengontrol DualSense kembali ke konsumen yang masih cacat dan rentan terhadap manifestasi Cacat Drift di masa mendatang,” bunyi keluhan tersebut.

“Juga tidak ada indikasi bahwa Sony memperpanjang garansi, memberi kompensasi kepada konsumen untuk berbagai biaya atau kerusakan di masa lalu, atau memberi tahu konsumen tentang program perbaikan rahasia mereka.”

Penggugat sedang mencari ganti rugi moneter untuk kerusakan yang diderita, bantuan deklarasi dan putusan sela ganti rugi publik. Meskipun belum diungkap berapa banyak individu yang menggugat, CSK & D mengatakan dalam dokumentasi pengadilan lebih dari 500 pengguna mengalami masalah drifting pada DualSense.

CSK & D sebelumnya mengajukan gugatan class action serupa terhadap Nintendo pada Juli 2019, menuduh bahwa perusahaan mengetahui adanya cacat yang menyebabkan pengontrol Switch Joy-Con drift. Pada Maret 2020, Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Barat Washington menyerahkan kasus tersebut ke arbitrase, sekaligus menolak tawaran Nintendo untuk membatalkan kasus tersebut.

Microsoft juga menghadapi gugatan class action terkait cacat produk yang menyebabkan pengontrol Xbox drift. Pemegang platform baru-baru ini mengeluarkan pernyataan baru yang meminta agar gugatan tersebut dibawa keluar dari ruang sidang dengan melalui arbitrase, sehingga sengketa diselesaikan oleh hakim yang tidak memihak.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: