Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Seri Playstation 4 Diperkenalkan pada tahun 2013 dan disusul seri kelimanya tujuh tahun kemudian yaitu pada tahun 2020. Semenjak tanggal perilisannya tercatat penjualan unit Playstation 4 mencapai 117 juta unit melalui laporan keuangan yang dikeluarkan oleh Sony.

Sementara itu Playstation 5 dilaporkan terjual sebanyak 21 juta unit. Terdapat sosok yang berjasa dibalik laris manisnya produk ini, ia adalah Masayasu Ito, Engineer sekaligus Wakil Presiden Direktur dari Sony Interactive Entertainment.

Masayasu Ito mengambil keputusan untuk pensiun dari perusahaan Sony akhir bulan September mendatang, sementara pada laporan yang disampaikan oleh Bloomberg, Masayasu putuskan dirinya untuk pamit dari perusahaan pada tanggal 1 Oktober. Lantas siapakah Masayasu Ito Sebenarnya dan apa peran beliau selain bertanggung jawab pada proyek Playstation 4 dan 5 ini?

Baca juga: Konami Perbaharui Trademark Game Suikoden

Jejak Masayasu Ito Selama Bekerja Di Perusahaan Sony, Pernah Kembangkan Konsol Playstation Portable

Playstation

Kesuksesan raksasa elektronik Sony Interactive tidak terlepas dari kontribusi yang dilakukan oleh Masayasu. Ia sudah cukup lama menggeluti bidangnya sebagai seorang Insinyur di berbagai platform sejak dirinya bekerja pada perusahaan Sony tahun 1986 yang lalu dan pada 2000 ia berpindah ke divisi konsol hingga pensiun, selama bekerja ia telah memimpin di berbagai proyek seperti Playstation 3, Playstation 4, Playstation 4 Pro serta Playstation 5.

Jejak lainnya yang pernah dilakukan oleh Ito pada awal debutnya sebagai divisi Insinyur ia juga bekerja untuk periferal pada Sony Playstation dan Playstation 2 termasuk Monitor LCD pada konsol Playstation. Ia kemudian juga memimpin perkembangan dari perangkat Playstation Portable atau disingkat PSP. Selain itu ia juga terlibat dalam penciptaan teknologi VR , PSVR asli, serta Playstation 5.

Dan setelah tiga puluh enam tahun malang melintang, Ito akhirnya memutuskan untuk undur diri dari karir yang telah membesarkannya selama ini. Sepeninggal Masayasu akhir September-awal Oktober mendatang divisi Insinyur untuk Sony akan diganti oleh Deputi Presiden Lin Tao. Selanjutnya posisi Wakil Direktur dialihkan pada Kiichiro Urata dan dipastikan bagian desain hanya menyisakan Mark Cerny untuk platform keluaran Sony di waktu mendatang.

Share yuk !