Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Setelah mengumumkan ketersediaan Radeon RX 6800 dan RX 6800 XT pada 18 November 2020 lalu, AMD akhirnya mengumumkan ketersediaan kartu grafis gaming paling kencang yang pernah dikembangkan AMD dari lini Radeon RX 6800 Series yaitu Radeon RX 6900 XT. Sebagai kartu grafis kelas flagship, Radeon RX 6900 XT dioptimalkan untuk para gamer yang antusias untuk memberikan performa gaming 4K dan kemampuan overclocking yang luar biasa dan dirancang untuk framerate yang sangat tinggi dan visual yang hidup pada game 4K.

Didukung oleh arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif dan memberikan sejumlah fitur untuk meningkatkan performa, Radeon RX 6900 XT hadir dengan 80 unit komputasi yang ditingkatkan, 16GB GDDR6 VRAM, dan kecepatan clock melebihi 2,8 GHz. Arsitektur RDNA 2 sendiri juga dirancang untuk generasi selanjutnya dari desktop PC, laptop, konsol, dan game mobile. Arsitektur ini menawarkan banyak manfaat bagi para gamer termasuk dua kali lipat performa keseluruhan dan performa per watt 54 persen lebih baik dibandingkan dengan arsitektur RDNA generasi pertama pada node proses 7nm.

Kartu grafis ini ini juga memiliki fitur yang disebut dengan Smart Access Memory (SAM). Saat memasangkan kartu grafis Radeon RX 6000 Series dengan prosesor AMD Ryzen 5000 Series dan motherboard AMD B550 atau X570, SAM memungkinkan prosesor AMD Ryzen untuk langsung mengakses memori grafis GDDR6 berkecepatan tinggi, mempercepat pemrosesan CPU dan meningkatkan performa pada beberapa game.

Fitur unggulan lainnya adalah AMD Infinity Cache dimana cache data tingkat akhir yang berperforma tinggi cocok untuk gaming 4K dan 1440p, dengan tingkat detail tertinggi diaktifkan. 128 MB cache on-die secara dramatis mengurangi latensi dan konsumsi daya, memberikan performa game secara keseluruhan yang lebih tinggi daripada desain arsitektur tradisional.

Radeon RX 6900 XT hadir pula dengan fitur DirectX Raytracing (DXR) yang menambahkan mesin Ray Accelerator dengan fungsi tetap yang berperforma tinggi ke setiap unit komputasi. Kartu grafis berbasis AMD RDNA 2 dioptimalkan untuk menghadirkan pencahayaan real-time, bayangan, dan realisme refleksi dengan DXR. Saat dipasangkan dengan AMD FidelityFX, yang memungkinkan rendering hybrid, developer dapat menggabungkan efek raster dan ray-tracing untuk memastikan kombinasi kualitas gambar dan performa yang optimal.

Jika Radeon RX 6800 dan RX 6800 XT dibanderol dengan harga masing-masing US$579 dan US$649, AMD membanderol Radeon RX 6900 XT dengan harga US$999 (belum termasuk pajak) dan bisa didapat dari etailer / retailer global dan di AMD.com.

Share yuk !