Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Konsol genggam (handheld) biasanya tidak didukung dengan tenaga maksimal. Hal ini rupanya ingin dirubah oleh AYA Neo. Setelah dikembangkan beberapa waktu, akhirnya konsol genggam yang dilengkapi tenaga CPU AMD Ryzen 5 4500U ini siap rilis. Konsol genggam ini memiliki arsitektur “Renoir”, lengkap dengan Grafis Radeon 6 Vega.

Dengan tenaga dari CPU AMD Ryzen 5 4500U, prosesor memiliki 6 inti, 6 utas dan didasarkan pada Arsitektur Zen 2. Grafik tersebut terintegrasi dengan grafik Radeon 6 Vega dengan hanya 6 Compute Units (384 Streaming Processors). AYA Neo juga memiliki memori LPDDR4X 16GB dan SSD NVMe 1TB di dalamnya. Layarnya adalah layar sebesar IPS 1280 × 800 dan semua ini didukung oleh baterai 47wH yang bisa bertahan hingga 6 jam penggunaan. Tetapi apabila game berat dijalankan maka daya dapat berkurang hingga 67 persen menjadi bertahan hanya sekitar 2 jam.

Meskipun beberapa komponen grafis mungkin tampak sedikit mengecewakan, Aya Neo menjadi salah satu konsol genggam yang dapat menjalankan game-game beart. Pada low hingga medium game, dengan pengaturan resolusi 1280 × 800, penguna bisa memiliki pengalaman bermain yang solid dengan frekuensi gambar yang bagus. Saat diuji menjalankan game berat seperti GTA 5, Crysis Remastered hingga Cyberpunk 2077, Neo mampu mencapai 30+ FPS.

Saat ini, konsol tersebut siap dikirim ke pelanggan dan peninjau pertamanya ialah para pendiri AYA Neo. Model konsol ini memiliki sasis tembus cahaya dan akan dikirimkan kepada pendukung yang terlibat dalam crowdfunding. Nantinya AYA Neo yang dirilis di pasar kemungkinan akan menampilkan tampilan yang berbeda dibandingkan edisi Founder.

Para pengulas yang telah memposting ulasan seperti Taki Udon dan ETA Prime pada kanal Youtubenya telah menyuarakan kesan pertama mereka. Keduanya melihat spesifikasi konsol, namun lalu mengambil pendekatan yang berbeda.

ETA Prime melihat pengalaman unboxing dan kemudian melihat kinerja di Forza Horizon 4, GTA 5, Skyrim, Street Fighter 5, Doom Eternal, CS: GO, Fortnite, dan bahkan Crysis Remastered. Taki Udon melihat kualitas produk dengan meninjau kinerja baterai, pendinginan, tampilan, kualitas pembuatan, dan melakukan beberapa tolok ukur kinerja di akhir.

Rencananya konsol genggam ini dirilis untuk masyarakat umum pada 10 Maret 2021. Harga Aya Neo rencananya dipasarkan seharga 699 USD atau sekitar Rp10 juta. Nantinya mereka akan bersaing dengan konsol genggam lainnya seperti One Gx1 Pro dan GDP Win3 yang didukung CPU Intel Tiger Lake dengan Xe Graphics.

Share yuk !