Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Seorang pria di Orem, Utah, Amerika Serikat rela membayar hampir 900 USD atau sekitar Rp12,6 juta demi memenangkan listing eBay untuk mendapatkan konsol generasi berikutnya milik Sony, PlayStation 5. Setelah memenangkan listing eBay, alih-alih mendapatkan konsol anyar tersebut, pria berusia 38 tahun ini malah dikirimi kotak PS5 yang berisi bata beton.

Sekadar informasi, di Amerika Serikat PS5 telah diluncurkan pada 12 November 2020, dengan harga yang direkomendasikan Sony sebesar 499,99 USD atau sekitar Rp7 juta. Ketersediaan produk yang terbatas membuat kelangkaan akan produk, sementara permintaan akan PS5 sangat besar. Akibatnya harga PS5 di pasaran melambung tinggi. Banyak pula yang menjual kembali produk tersebut di lokasi lelang dan pengecer bekas dengan harga jauh lebih mahal dari harga baru yang direkomendasikan Sony.

Nasib apes menimpa pria asal Utah, Amerika Serikat. Seperti diberitakan Fox13, korban mengaku mengeluarkan 900 USD dengan harapan bisa segera mendapatkan konsol PS5. Ketika paket itu akhirnya tiba di depan pintu rumahnya di Utah, pria itu menemukan kotak PlayStation 5 baru di dalamnya. Tapi di dalam kotak itu bukan konsol dengan teknologi mutakhir itu, tapi bongkahan beton besar.

Departemen Kepolisian Orem mengatakan pihaknya berharap pria itu mendapatkan uangnya kembali, sebagai bentuk perlindungan pembeli di eBay. Mereka juga memperingatkan para calon pembeli untuk berhati-hati saat membeli barang dari penjual yang tidak memiliki skor umpan balik.

eBay baru-baru ini mengeluarkan peringatan untuk praktik penipuan yang memasang foto PS5 sebagai barang jualan, namun tidak menjual konsol tersebut. Dalam praktiknya, beberapa kali pembeli harus kecewa lantaran produk yang diterimanya tidak sesuai dengan foto yang dipasang para penjual.

“Kami mengutuk penjual oportunistik yang mencoba menyesatkan pengguna lain. Kami sedang dalam proses menghapus semua daftar foto PS5 dari pasar kami dan akan mengambil tindakan yang sesuai terhadap penjual. Untuk pembelian apa pun, terutama barang yang harganya sangat mahal atau laris, pembeli harus berhati-hati dan membaca deskripsi cantuman secara menyeluruh,” tulis eBay dikutip dari Eurogamer.

Platform tersebut juga siap memberi ganti rugi uang kembali kepada para pembeli yang tertipu penjual bodong, sebagai bagian atas kebijakan Jaminan Uang Kembali eBay. Syaratnya, para korban memang telah menyelesaikan transaksi di platform eBay.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada November, Sony mengakui adanya lonjakan permintaan yang “belum pernah terjadi sebelumnya”. Masalah pasokan diperkirakan akan terus berlanjut untuk PlayStation 5 dan konsol milik pesaing mereka, Microsoft Xbox Series X dan S, karena dampak COVID-19 yang menunda proses pengiriman tahun ini.

Share yuk !