Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sony telah mengonfirmasi bahwa semua penjualan PlayStation 5 saat peluncuran pekan depan hanya akan dilangsungkan secara online. Dengan demikian tidak ada unit PS5 yang tersedia di toko-toko retail ofline. Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Kamis (5/11/2020) yang dikutip dari IGN, bos komunikasi SIE, Sid Shuman mengatakan bahwa langkah-langkah telah diberlakukan guna menjaga keamanan pelanggan dan retailer di tengah meningkatnya kembali kasus COVID-19.

Memang tidak dijelaskan secara eksplisit wilayah mana saja Sony akan menerapkan kebijakan tersebut, namun pesan tersebut dibagikan oleh perusahaan regional Amerika Serikat dan Eropa yang mana kasus COVID-19 memang sedang kembali meningkat.

“Demi menjaga keamanan para gamer, retailer, dan staf kami di tengah COVID-19, hari ini kami mengonfirmasi bahwa penjualan sepanjang hari peluncuran akan dilakukan melalui toko online mitra retail kami. Tidak ada unit yang akan tersedia di toko untuk dibeli pada hari peluncuran (12 November atau 19 November, tergantung pada wilayah Anda). Harap jangan berencana untuk menginap atau mengantre di retailer lokal Anda pada hari peluncuran dengan harapan menemukan Konsol PS5 untuk pembelian. Aman, tetap di rumah, dan pesan secara online.”

Pembeli yang telah melakukan pre-order bisa mengambil pemesanan di toko retail lokal pada waktu yang ditentukan, di bawah protokol kesehatan COVID-19 yang diterapkan masing-masing retailer. Kebijakan ini langsung diamini beberapa retailer di kawasan AS dan Eropa, seperti Best Buy yang mengatakan tidak akan menjual konsol PS5 maupun Xbox Series X/S hingga akhir tahun ini. Begitu pula dengan Walmart yang membuka jadwal khusus untuk pembelian online.

PS5 edisi standar (dengan disk drive) dijual dengan harga USD500 atau sekitar Rp7,15 juta (asumsi USD1 = Rp14.317) di kawasan AS, sedangkan di Eropa dijual dengan harga EUR500 atau sekitar Rp8,46 juta (asumsi EUR1 = Rp16.924). Sementara untuk edisi digital, PS5 dipasarkan dengan harga USD400 atau sekitar Rp5,72 juta di kawasan AS dan EUR400 atau sekitar Rp6,76juta di kawasan Eropa.

Share yuk !