Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Seniman di balik desain PlayStation 5, Yujin Morisawa telah mengungkapkan bahwa konsol generasi berikutnya milik Sony tersebut awalnya dirancang memiliki desain ukuran lebih besar dari ukuran final saat ini. Dengan lebar lebih dari 15 inci, PS5 adalah konsol terbesar Sony hingga saat ini dan bahkan lebih besar daripada konsol milik pesaing, Xbox Series X.

Morisawa yang menjabat sebagai Senior Art Director at the Corporate Design Center of Sony Interactive Entertainment itu menyebut ukuran besar dari konsol dibuat dengan tujuan menciptakan aliran udara yang kuat di dalam konsol, tanpa mengganggu pemain dengan kipas yang berisik.

“Saya tahu desain awalnya digambarkan lebih besar karena saya tahu berapa banyak daya yang akan ada. Jadi saya tahu berapa banyak aliran udara yang Anda perlukan dan berapa banyak ruang untuk heat sink,” katanya kepada The Washington Post.

“Pada awalnya, ketika saya mulai menggambar, ukurannya jauh lebih besar meskipun saya tidak tahu teknik apa yang akan dilakukan. Lucunya, teknisi benar-benar memberi tahu saya bahwa ukuran ini terlalu besar. Jadi, saya sebenarnya harus mengecilkannya sedikit dari gambar pertama.”

Morisawa mengatakan bahwa setelah mengurangi desain aslinya, dia percaya bahwa PS5 sekarang adalah “ukuran yang sempurna”.

“Jika saya membuatnya lebih tipis, aliran udara ke sana akan berkurang. Itu akan mengganggu pemain saat mereka bermain. Dari segi faktor bentuk, saya menggambar garis sempurna di sekelilingnya dan mencoba mencapai ukuran yang sempurna.”

Dalam hal estetika, sang seniman mengatakan desain PS5-nya terinspirasi oleh “lima dimensi”.

“Saat memikirkan tentang pengalaman yang kita miliki, itu seperti, Anda hidup di dunia paralel dimana Anda melompati ruang dan waktu. Ini PlayStation 5, jadi lima dimensinya pas banget!”

Morisawa menganggap wajar apabila ada kritikus yang mengkritik desain PS5 saat ini yang masih dianggap terlalu besar. Dirinya menilai para gamers akhirnya melihat struktur keindahan yang dimaksudkan dari sang kreator.

“Jika Anda melihat sesuatu yang benar-benar baru, Anda bereaksi dan berkata ‘Apa itu?’ Anda tidak tahu bagaimana harus bereaksi. Ketika Anda melihat lebih dekat, Anda akan benar-benar melihat beberapa struktur yang dikenalnya. Anda agak mengerti setelah itu. Ini benar-benar sesuatu yang melampaui apa yang sudah kami miliki. Biasanya kerangka (konsol) selalu berbentuk persegi dan lingkaran. Ada pengukuran yang tepat untuk itu sehingga Anda merasa nyaman ketika Anda benar-benar melihat objeknya.”

Share yuk !