Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Tanggal rilis untuk aksesori PlayStation 5, termasuk kontroler DualSense baru-baru ini dimajukan menjadi 30 Oktober di Amerika Serikat dan 12 November di Inggris. Ini berarti gamers AS sudah dapat membeli aksesori PlayStation 5 akhir pekan ini, termasuk kontroler dari konsol generasi berikutnya tersebut.

Beberapa pembeli menguji kompatibilitasnya dengan berbagai perangkat. Kontroler DualSense untuk PlayStation 5 dapat berfungsi dengan konsol PlayStation 3 lama, tetapi tidak dapat digunakan di PlayStation 4. Uniknya, DualSense juga dapat digunakan di Nintendo Switch.

Dikutip dari Video Game Chronicles, kompatibilitas DualSense diuji oleh YouTuber MidnightMan. DualSense sama sekali tidak terdeteksi oleh konsol PS4, sementara pad PS5 dapat terhubung secara nirkabel ke PS3. Kemungkinan hal ini disebabkan karena kompatibilitas konsol tersebut dengan kontroler Bluetooth umum.

Walau begitu, pemain PS4 masih bisa menggunakan DualSense dengan cara menghubungkan DualSense ke PC atau Mac mereka melalui USB dan streaming game PS4 melalui Remote Play. Seperti yang ditunjukkan oleh pengguna Twitter, BrokenGamezHDR, DualSense juga akan berfungsi dengan Nintendo Switch. Syaratnya jika adaptor pihak ketiga digunakan untuk menghubungkan kontroler.

Sony telah mengonfirmasi bahwa pengontrol PS4 tidak akan berfungsi dengan game PS5. Namun, DualShock 4 bisa bekerja dengan game PlayStation 4 jika dimainkan di PS5 melalui kompatibilitas mundur (backwards compatibility). Periferal khusus, seperti racing wheels, arcade sticks, dan flight sticks dapat digunakan dengan game PS5.

Headset Nirkabel Platinum dan Gold, serta headset pihak ketiga yang terhubung melalui port USB atau jack audio juga dapat berfungsi di PS5. Begitu pula dengan PS Move Motion Controllers dan PlayStation VR Aim Controller. Terakhir, PlayStation Camera juga bisa berfungsi dengan PS5 untuk memainkan game PS VR yang didukung. Pengguna PS VR bisa mendapatkan adaptor PlayStation Camera yang akan diberikan tanpa biaya tambahan.

Share yuk !