Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Game & Watch: Super Mario Bros milik Nintendo berhasil diretas untuk menjalankan custom software, beberapa jam sebelum dirilis. Thomas Roth, seorang peneliti keamanan dan konsultan dari Jerman, menerima Game & Watch: Super Mario Bros sehari sebelum rilis 13 November dan segera mulai bekerja mengotak-atik perangkat tersebut.

Dikutip GAMEFINITY.ID dari VGC, Roth dengan nama samaran StackSmashing menjalankan kanal YouTube yang menampilkan beragam video cara untuk menghindari keamanan konsol portabel milik Nintendo sebelumnya, termasuk meretas perlindungan katrid original Game Boy. Setelah enam jam menjelajahi komponen internal Game & Watch yang baru, Roth mengklaim telah menghindari keamanannya dan mengganti ROM default Super Mario Bros dengan software yang dimodifikasi.

Roth mengklaim bahwa proses tersebut tidak memerlukan penyolderan dan mengatakan dia akan segera merilis video yang merinci seluruh proses. Roth belum mengungkap apakah modifikasi tersebut memungkinkan Game & Watch menjalankan ROM game lain selain Super Mario Bros.

Dirilis seharga USD49,99 (sekitar Rp706 ribu di pasar AS), Game & Watch: Super Mario Bros. menampilkan d-pad modern dan menjalankan game klasik Super Mario Bros, Super Mario Bros: The Lost Levels dan versi khusus dari game klasik Ball dengan Mario sebagai karakter. Perangkat portabel ini juga dilengkapi dengan jam digital yang dapat memutar 35 animasi berbeda dari Mario dan kawan-kawan, sebagai penghormatan pada ulang tahun ke-35 maskot Nintendo tersebut.

Konsol klasik Nintendo sebelumnya, mini NES dan Super NES, juga dengan cepat dimodifikasi oleh komunitas peretas dan pada akhirnya dapat menjalankan hampir semua ROM game klasik. Namun, Roth yang meretas Game & Watch terbaru itu mengakui perangkat portabel ini memiliki hardware yang sama sekali berbeda dengan konsol klasik Nintendo sebelumnya.

Share yuk !