Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Video pembongkaran baru menyelidiki mengapa drifting sering terjadi di kontroler PlayStation 5, Dualsense. Stick analog PS5 ini ternyata hanya memiliki umur pengoperasian sekitar 417 jam. Menurut video dari kanal teknologi populer iFixIt, DualSense menggunakan perangkat keras joystick siap pakai yang sama dengan banyak pengontrol platform lain, termasuk PS4, Xbox One, Nintendo Switch, dan lainnya.

Masing-masing platform ini juga telah melihat masalah drifting terjadi untuk beberapa pengguna, dengan Switch Joy-Cons, pengontrol Xbox, dan sekarang DualSense semuanya menghadapi tuntutan hukum class-action atas masalah tersebut di Amerika Serikat.

iFixIt mencatat informasi dari ALPS – produsen suku cadang joystick – mengungkapkan bahwa umur operasi yang diharapkan untuk potensiometer stick adalah 2.000.000 siklus, sedangkan fungsi dorong tengah (saat tongkat ‘diklik’) adalah 500.000 siklus.

Menurut analisis iFixIt atas game Call of Duty: Warzone, hal ini dapat diterjemahkan umur stick menjadi hanya 417 jam sebelum masa operasi produsen untuk bagian joystick terlampaui. Namun, ini akan bervariasi berdasarkan jenis game yang dimainkan.

Ini berarti bahwa jika pemain PS5 menggunakan konsolnya selama dua jam sehari, secara teknis mereka akan melebihi ekspektasi masa pakai pengoperasian pengontrol dalam waktu 7 bulan. Analisa menyimpulkan bahwa keausan potensiometer, yang disebabkan oleh penggunaan umum, adalah alasan terbesar untuk drifting joystick.

Namun, iFixIt mencatat bahwa penggunaan yang berkelanjutan juga dapat meregangkan pegas di dalam unit joystick yang menentukan titik netralnya, sementara kontaminan seperti debu juga dapat menyebabkan penyimpangan.

Mereka yang mengalami drift memiliki tiga opsi. Pertama, perbaiki, baik perbaiki sendiri atau melalui service center yang berpengalam. Kedua, jika masih dalam garansi, pengguna dapat mengirim pengontrol ke produsen untuk diperbaiki. Terakhir, jika tidak ada opsi lain, pengguna wajib membeli yang baru!

Share yuk !