Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Seorang modder hardware Vietnam telah membuat konsol PlayStation 5 yang didukung sistem pendingin air (water cooled). Pendinginan air adalah metode penghilangan panas menggunakan air, yang dianggap lebih efisien dan tidak berisik dibandingkan sistem pendingin udara tradisional dengan kipas besar (fan).

Pria yang akrab disapa Nhenhophach ini sebelumnya memang dikenal sebagai kreator custom PC. Untuk menciptakan konsol PS5 yang didukung water cooler, dirinya perlu menghabiskan waktu sekitar dua bulan.

Dirinya harus mendekonstruksi konsol PlayStation 5 dan kemudian membuat pelat dan komponen khusus sepenuhnya, untuk dipasang kembali dengan sistem pendingin air yang baru. Nhenhophach telah menjalankan tes kinerja termal pada PS5 berpendingin air, dan memposting hasilnya dalam video.

“Ini baru versi pertama dari PS5 berpendingin air, akan ada lebih banyak versi,” kata Nhenhophach dalam video yang dipublikasikan di kanal YouTube-nya.

“Kami terus mempersiapkan versi komersial dan juga siap untuk mengintegrasikan PS5 berpendingin air ke dalam salah satu rakitan PC kami berikutnya. Jangan lewatkan!”

Seperti yang terlihat dalam video, jika bukan karena casing plastiknya yang tinggi, PS5 yang didukung sistem pendingin dari air akan memiliki ukuran jauh lebih kecil dari konsol aslinya. PS5 standar sendiri memiliki kipas pendingin berukuran 120mm, yang disebut-sebut sebagai alasan mengapa ukuran konsol tersebut jauh lebih besar ketimbang konsol generasi sebelumnya..

“Tidak ada cara untuk mengukur secara tepat suhu inti APU PS5 dan chip memori, pengujian dilakukan dengan cara yang memakan banyak waktu bermain. Tetapi berdasarkan suhu air dan suhu pelat belakang, kami dapat mengukur kinerja sistem ini dengan cara tertentu.”

Mengaku siap mengkomersialkan ciptaannya itu, Nhenhophach menawarkan para peminat dari inovasinya itu untuk berkomentar dan menghubunginya melalui pesan langsung atau email.

Share yuk !