Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Nintendo secara resmi telah mengirimkan 1 juta konsol Switch di China sejak peluncuran resminya pada akhir 2019. Hal ini diumumkan mitra Nintendo di China, Tencent. Menurut konsultan Niko Partners (via Reuters), ketika penjualan pasar “abu-abu” juga diperhitungkan, maka sekitar 4 juta konsol Switch telah terjual secara total.

Dengan demikian, angka tersebut telah melampaui rekor penjualan milik Sony dan Microsoft sebagai penjual konsol terbesar di China. Data dari Niko menyebut penjualan PlayStation 4 di China sebesar 3,52 juta, sedangkan Xbox One senbanyak 1,24 juta.

Switch resmi diluncurkan di China pada Desember 2019, setelah mendapat lampu hijau untuk dijual oleh regulator setempat. Perusahaan game asing biasanya perlu menavigasi peraturan yang rumit untuk merilis produk mereka di China, dengan persetujuan yang dibutuhkan dari berbagai badan pemerintah. Konsol Switch dianggap mendapat perlakuan spesial di China, setelah sebelumnya Negeri Tirai Bambu tersebut sempat melarang perusahaan asing menjual konsol game selama lebih dari satu dekade.

Hingga saat ini, mitra Nintendo China, Tencent, telah merilis 13 game termasuk Super Mario Odyssey dan Mario Kart 8 Deluxe. Beberapa hit global terbesar Switch seperti Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Animal Crossing: New Horizons belum disetujui untuk dirilis di China. Analis Niko, Daniel Ahmad mengatakan sebagian besar game yang diterbitkan untuk Nintendo Switch China berasal dari pengembang lokal.

“China menjadi penting bagi Nintendo karena negara tersebut belum memiliki budaya konsol seperti yang dimiliki Amerika Serikat atau Jepang, sehingga menyajikan peluang pertumbuhan bagi perusahaan.”

Share yuk !