Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Setelah merilis konsol generasi berikutnya, PlayStation 5, Sony terus mengembangkan aksesoris dan periferal lainnya untuk menunjang permainan lebih menyenangkan. Setelah mengembangkan kacamat VR untuk PS5, Sony kini menunjukkan tampilan pertama pengontrol VR yang bisa digunakan di konsol next-gen tersebut.

Dikutip dari PlayStation Blog, beberapa fitur dari kontroler baru itu memang membuat permainan menjadi lebih realistis. Hal ini demi menambah pengalaman bermain yang menyenangkan bagi para gamers.

Fitur pertama ialah pemicu adaptif. Nantinya setiap controler VR, baik kiri dan kanan akan disertai tombol pemicu adaptif. Tombol ini akan menambahkan ketegangan saat ditekan, mirip dengan yang dimiliki pengontrol DualSense.

Fitur berikutnya adalah umpan balik haptik atau haptic feedback. Kontroler VR baru ini akan memiliki umpan balik haptik yang dioptimalkan dengan bentuknya. Dengan demikian, setiap sensasi saat bermain game akan terasa lebih realistis, baik dari sisi dampak, nuansa dan teksturnya.

Pengontrol VR Terbaru ini juga akan memiliki fitur deteksi sentuhan jari. Fitur ini akan membuat kontroler bisa mendeteksi jari pemain, tanpa menekan area tempat meletakkan ibu jari, telunjuk, atau jari tengah pemain. Hal ini akan memaksimalkan gerakan pemain supaya lebih alami saat menggunakan tangan ketika bermain game.

Fitur pelacakan juga akan menjadi keunggulan dari kontroler VR ini. Sistem pelacakan akan terletak melalui cincin pelacakan di bagian bawah pengontrol, yang nantinya bisa melacak headset VR baru.

Sementara tombol aksi/stik analog nantinya akan terdiri dari satu stik analog, tombol segitiga dan persegi, tombol L1 sebagai “pegangan”, tombol L2 sebagai “pemicu” dan tombol Bulat.

Sementara kontroler kanan akan terdiri dari satu stick analog, tombol silang dan lingkaran, tombol R1 sebagai “pegangan”, tombol R2 sebagai pemicu dan tombol Option. Salah satu kegunaan tombol “pegangan” ialah mengambil objek dalam game.

Belum ada pengumuman resmi kapan kontroler VR Playstation 5 ini akan dirilis. Namun tentunya kehadiran kontroler ini akan melengkapi kacamat VR baru milik PS5 yang akan membuat game semakin realistis untuk dimainkan.

Share yuk !