Penjualan Switch Tembus 80 Juta Konsol, Lewati Rekor Nintendo 3DS

Thomas Rizal, 2 Februari 2021

Penjualan Switch Tembus 80 Juta Konsol, Lewati Rekor Nintendo 3DSGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Nintendo mengonfirmasi bahwa konsol andalannya, Switch kini telah terjual sekitar 80 juta konsol di seluruh dunia. Dengan demikian, rekor penjualan Switch kini telah terjual lebih banyak daripada penjualan Nintendo 3DS sebanyak 76 juta. Seperti dipaparkan dalam laporan keuangan terbaru perusahaan untuk tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2020, saat ini hanya Wii (101,6 juta), Game Boy (118,7 juta) dan Nintendo DS (154 juta) yang memiliki rekor penjualan lebih banyak.

Selama sembilan bulan yang berakhir Desember, Nintendo telah mengirimkan 24 juta unit Switch (16,7 juta di antaranya adalah konsol Switch normal), dimana 11,5 juta konsol telah dikirim selama tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember. Total di 2020 Nintendo berhasil menjual 27,3 juta unit konsol. Nintendo telah meningkatkan target penjualan perangkat kerasnya untuk tahun ini dari 24 juta konsol menjadi 26,5 juta pada akhir Maret, dan perkiraan pendapatannya menjadi 15 miliar USD.

Menurut Bloomberg, Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa mengatakan kepada investor bahwa perusahaan memiliki pasokan komponen yang cukup untuk saat ini meskipun di industri konsol saat ini terjadi kekurangan pasokan, seperti yang dialami Microsoft (Xbox) dan Sony (PlayStation). Periode Q3 (Okt – Des 2020) adalah rekor Q3 terbaik kedua Nintendo dalam hal pendapatan dan laba, dengan laba operasi menembus 2,2 miliar USD. Angka ini hanya kalah dari rekor Q3 tahun 2008, saat era popularitas Wii dan DS.

Penjualan perangkat lunak mencapai 176 juta unit, meningkat 43 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Super Mario 3D All-Stars menjadi game baru dengan penjualan signifikan, yang terjual sebanyak 8,32 juta eksemplar. Diikuti oleh Hyrule Warriors: Age of Calamity (3,5 juta), Paper Mario: The Origami King dengan 3,05 juta dan Pikmin 3 Deluxe dengan 1,94 juta.

Secara total, Nintendo mengatakan Switch kini memiliki 29 game yang terjual lebih dari 1 juta, mencakup 20 game garapan Nintendo dan 9 game garapan penerbit lain. Animal Crossing: New Horizons melanjutkan penjualannya yang mengesankan dengan 5,14 juta eksemplar terjual dalam tiga bulan yang berakhir 31 Desember, serta membawanya ke penjualan kumulatif 31,18 juta. Hanya Mario Kart 8 Deluxe yang secara kumulatif terjual lebih banyak di Switch, dengan penjualan sebanyak 33.41 juta (meningkat 4,42 juta selama periode tiga bulan).

Seperti dicatat oleh analis Niko Partners, Daniel Ahmad angka-angka New Horizons menunjukkan bahwa game tersebut benar-benar melebihi penjualan perangkat keras Nintendo Switch pada tahun 2020. Hingga 39 persen pengguna Switch memiliki game.

Nintendo juga mencatat penjualan digital menyumbang 806 juta USD selama Q3 (dan 2,4 miliar USD untuk tahun fiskal). Angka ini meningkat lebih dari 50 persen secara year on year. Angka-angka tersebut juga mencakup konten DLC, langganan Switch Online, dan download software. Penjualan digital menyumbang 32 persen dari total penjualan perangkat lunak.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: