Project Hazel, Konsep Masker N95 Razer dengan Teknologi Voiceamp dan Sensor Cahaya

Thomas Rizal, 14 Januari 2021

Project Hazel, Konsep Masker N95 Razer dengan Teknologi Voiceamp dan Sensor CahayaGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Pandemi COVID-19 membuat masker kini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Sayang, terkadang penggunaan masker justru membuat suara penggunanya kurang terdengar. Hal ini dimanfaatkan oleh Razer, untuk memperkenalkan produk baru berupa masker pintar (smart face mask).

Razer selama ini memang lebih dikenal sebagai perusahaan yang fokus menghadirkan beragam aksesoris gaming, seperti keyboard, speaker, atau mouse. Namun, sejak pandemi COVID-19 muncul, Razer menjadi salah satu brand yang turut membantu pencegahan penyebaran. Hal itu dilakukan dengan pengalihan beberapa lini produksinya untuk membuat masker medis guna digunakan oleh para tenaga kesehatan dan disebar ke berbagai penjuru dunia yang membutuhkan.

Konsep masker pintar milik Razer ini dinamakan Project Hazel. Dikutip dari BBC, prototipe yang dipamerkan pada konvensi teknologi CES ini diklaim dapat membuat suara pengguna terdengar lebih keras. Perusahaan mengatakan masker tersebut diklasifikasikan sebagai masker bedah N95.

Masker itu sendiri terbuat dari plastik transparan, sehingga memudahkan orang untuk membaca bibir dan melihat wajah orang yang mengenakannya. Masker transparan bukanlah inovasi baru karena sudah banyak dijual di pasaran. Namun perusahaan itu mengatakan masker yang mereka kembangkan juga memiliki sensor cahaya.

Itu berarti bagian dalam masker menyala secara otomatis saat gelap dan bisa menerangi mulut Anda. Razer mengklaim fitur ini memungkinkan pengguna untuk “mengekspresikan diri dengan jelas terlepas dari kondisi pencahayaan”. Razer mengatakan silikon yang pas di sekitar wajah akan membuat pengguna nyaman dan bisa mencegah masker itu menyentuh atau menempel di mulut Anda.

Dikatakan juga bahwa tali di telinga yang lebih tebal memberikan lebih sedikit tekanan pada telinga Anda. Fitur “voiceamp” masker yang sudah dipatenkan bisa dibilang merupakan aspek masker yang paling maju secara teknologi. Perusahaan mengatakan mikrofon dan pengeras suara akan membuat suara Anda lebih jelas.

Suara yang tak terdengar jelas memang menjadi masalah khusus terkait penggunaan masker tradisional. Mengingat masker ini masih sebatas konsep, belum ada kepastian apakah dan kapan Project Hazel akan diluncurkan untuk publik. Walau begitu, Razer mengatakan pihaknya memiliki rencana untuk melanjutkan konsep ini, dengan memanfaatkan umpan balik para pengguna.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: