Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Berbicara game battle royale, PUBG Mobile dan Free Fire bisa disebut menjadi dua game favorit saat ini. Kedua game tersebut dapat didownload secara gratis dari Google Play Store atau Apple App Store. Kedua game juga menawarkan mode permainan yang menarik selain dari pertandingan battle royale, yang bisa dinikmati oleh para gamer.

Faktanya tak semua gamer mobile didukung perangkat smartphone gaming. Kedua game itu sendiri sebenarnya tidak memerlukan smartphone high-end dengan spesifikasi tertentu supaya bisa dijalankan. Beberapa smartphone low-end alias HP kentang juga bisa menjalankan kedua game, meski tentunya tak semulus ketika dimainkan di smartphone high end.

GAMEFINITY.ID coba mengulik kompatibilitas game dengan perangkat Android low-end. Tiga hal yang dipertimbangkan ialah RAM, sistem operasi (OS), dan juga ruang penyimpanan (storage).

1. RAM

Kedua game tersebut membutuhkan ponsel dengan RAM minimal 2 GB agar bisa berjalan dengan lancar. RAM 4 GB direkomendasikan untuk pengalaman bermain game yang baik.

2. OS

Untuk Free Fire, diperlukan Android versi 4.1 ke atas. Google Play Store sendiri tidak menyebutkan persyaratan Android untuk PUBG Mobile, dengan menyebut “Bervariasi berdasarkan perangkat”. Sementara iOS 9.0 atau yang lebih baru diperlukan untuk menjalankan PUBG Mobile di versi Apple. iOS 8.0 menjadi syarat minimum untuk Free Fire.

3. Penyimpanan

Aspek Ini adalah menjadi faktor kunci dalam menentukan game mana yang lebih cocok untuk HP kentang. Update terbaru PUBG Mobile cukup mengejutkan karena ukuran unduhan game mobile itu dikurangi menjadi 610 MB. Ini memberi pemilik perangkat kelas bawah kesempatan untuk menikmati game battle royale populer tersebut. Sementara ukuran download Free Fire adalah 680 MB, alias lebih banyak ruang ketimbang PUBG Mobile.

Kesimpulan

Setelah update terakhir, pemilik HP low-end rasanya lebih bisa memainkan PUBG Mobile lebih lancara ketimbang Free Fire. Namun, mereka mungkin mengalami kendala lag dalam gameplay. Salah satu solusinya adalah dengan mengurangi kualitas grafis game untuk memperbaiki jalannya game.

Share yuk !