Razer Viper 8KHz: Mouse Gaming Esports Pertama di Dunia dengan Polling Rate 8000Hz

Thomas Rizal, 29 Januari 2021

Razer Viper 8KHz: Mouse Gaming Esports Pertama di Dunia dengan Polling Rate 8000HzGaming Gear
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Razer mengumumkan mouse gaming terbarunya dengan HyperPolling Technology, yaitu Razer Viper 8KHz , mouse gaming esports pertama di dunia dengan polling rate 8000Hz. Razer HyperPolling Technology telah melampaui standar gaming mouse yang hanya 1000Hz polling rate dan sekarang mendukung hingga 8000Hz polling rate untuk respon yang lebih cepat, sehingga mengantarkan era baru gaming pada responsivitas, kecepatan dan keandalan.

Saat ini, kebanyakan dari gaming mouse hanya bisa mendukung hingga 1000Hz polling rate, ketika mouse lain berfokus dalam membuat mouse yang lebih akurat dan responsif, tapi hanya sedikit yang mempertimbangkan kecepatan klik dan data posisional yang ditransmisi ke PC agar lebih cepat dan responsif. Dengan semakin tingginya spesifikasi PC dan tingginya refresh rate dari monitor, polling rate yang lebih tinggi dapat menghilangkan micro-stutters yang mengganggu, dapat meningkatkan pengalaman bermain secara signifikan.

“Latency menjadi bagian yang sangat penting dalam gameplay karena memiliki efek terhadap pengalaman bermain game secara keseluruhan dan signifikan, hal ini kadang terabaikan oleh beberapa mouse gaming lain yang berfokus pada peningkatan DPI. Tak seperti DPI, latency yang rendah menguntungkan semua sektor mulai dari pemain kasual hingga pemain professional dengan memotong beberapa millisecond penting dari waktu respon,” ucap Alvin Cheung, Senior Vice President Razer untuk bagian peripheral.

“Selama proses uji coba dan pengembangan dengan sekumpulan besar atlit esport dan penggemar mouse gaming, banyak yang melaporkan bahwa saat menggunakan Hyperpolling Technology yang disematkan pada mouse gaming Razer Viper 8KHz ini, gerakannya terasa lebih smooth secara signifikan dan lebih responsif.”

Menjadi 8x lebih cepat – fakta di balik kecepatannya

Polling rate adalah frekuensi di mana perangkat mengirimkan data ke PC, dengan standar di industri kebannyakan adalah hingga 1000Hz (1000 kali per detik). Razer HyperPolling Technology memanfaatkan USB micro-controller berkecepatan tinggi untuk melampaui standar dengan polling rate 8000Hz. Hal ini memungkinkan Viper 8KHz untuk mengirimkan lebih banyak 8x dari mouse gaming lain setiap detiknya dan mengurangi input delay dari 1ms menjadi 1/8 ms.

Razer HyperPolling Technology dapat mengirimkan lebih banyak data untuk mengimbangi refresh rate monitor yang lebih cepat. Hasilnya, delay antara data terakhir dan frame rendering monitor lebih sedikit dibandingkan mouse dengan polling rate 1000Hz, pergerakannya lebih halus dan lebih up-to-date terhadap posisi kursor.

Polling rate yang lebih tinggi dapat mengurangi input delay, mengurangi micro-stutters dan efek jumping dari posisi kursor, sehingga pergerakan kursor di layar menjadi lebih akurat dan lebih halus. Razer HyperPolling Technology tidak hanya memberikan latency klik yang lebih cepat, tetapi juga menjaga click-to-click seminimal mungkin dan menjadikannya lebih unggul dari teknologi mouse gaming lainnya.

“Teknologi ini sangat sempurna untuk game yang membutuhkan presisi tinggi dan responsivitas seperti CS:GO,” kata “Tarik” Celik, Pemain CS:GO dari tim Evil Geniuses. Nikolay “Nikobaby” Nikolov dari tim Dota2 Alliance juga setuju dan mengatakan, “Aku bisa langsung merasakan perbedaan antara 1000Hz dan 8000Hz.”

Mengungguli Persaingan dengan Viper 8KHz

Viper 8KHz merupakan mouse gaming pertama Razer yang disematkan fitur Razer HyperPolling Technology. 3 inovasi penting yaitu Razer Optical Mouse Switches dan Razer Focus+ Optical Sensor, dikombinasikan dengan Razer HyperPolling Technology, membuat mouse gaming ini mempunyai kecepatan yang tak tertandingi, presisi, serta responsivitas tinggi.

Generasi kedua dari Razer Optical Mouse Switches telah ditingkatkan dengan tactile feedback yang lebih baik, membuat setiap kliknya memiliki rasa dan suara yang lebih menyenangkan dari pada sebelumnya. Mengurangi debounce delay yang digunakan pada mechanical switch tradisional, aktuasi secepat kilat disematkan oleh HyperPolling Technology untuk menyajikan input latency terendah, membantu para gamer mencapai waktu respon pada level profesional. Switch generasi kedua Razer Optical Mouse Switches dibuat setidaknya bisa bertahan hingga 70 juta klik.

Razer Focus+ Optical Sensor memiliki akurasi resolusi 99.6% dan terbaik di kelasnya, sehingga gerakannya mengikuti secara konsisten. Dengan unique intelligent function dari sensor tersebut, dikombinasikan dengan Razer HyperPolling Technology, pemain akan merasakan pengalaman yang ultra-smooth, gerakan kursor yang bebas stutter dengan akurasi tingkat tinggi sehingga dapat melakukan headshot untuk memenangkan game.

Performa Kelas Atas, Sampai ke Setiap Detailnya

Performa dan teknologi yang luar biasa dibalut secara solid, design chassis yang ambidextrous, dan beratnya hanya 71 gram. Viper 8KHz cocok dengan 100% PTFE mouse feet untuk gerakan yang lebih halus, dan fitur Razer’s snag-free SpeedFlex Cable untuk meminimalisir mouse terseret pada saat melakukan gesekan.

Melalui Razer Synapse 3, pemain dapat mengkonfigurasi delapan tombol yang dapat diprogram, menetapkan macro atau memilih profile dan menyimpan profil konfigurasi pada advanced on-board memory dari Viper 8KHz. Dengan penyimpanan hingga lima profil on-board memory, pengguna dapat menikmati akses instan ke pengaturan konfigurasinya di manapun dia berada. Peningkatan yang signifikan dari pendahulunya, Viper 8KHz menggabungkan semua inovasi teknologi Razer untuk mencapai tingkat performa tinggi.

Razer Viper 8KHz rencananya akan dirilis dan dapat dipesan di Razer.com dan dealer resmi Razer mulai 7 Februari 2021. Mouse gaming Esports ini akan dipasarkan seharga Rp1.299.000,-.

author avatar
Thomas Rizal
Update terus isu-isu terkini di GAMEFINITY.ID!
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: