Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Microsoft dan Sony bakal meluncurkan konsol game terbarunya, Xbox Series X/S dan PlayStation 5 pada November mendatang. Microsoft akan meluncurkan Xbox Series X/S pada 10 November, sementara Sony akan meluncurkan PS5 dua hari berikutnya, 12 November. Sebelum membeli salah satu dari konsol tersebut, ada beberapa hal yang layak menjadi pertimbangan para gamers. Tentunya kedua konsol memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal bagaimana para gamers menyesuaikannya dengan kebutuhan bermain para gamers.

Jika ditinjau dari segi mesin, sebetulnya tidak ada perbedaan di antara PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Keduanya menggunakan processor (CPU) dengan jenis yang sama yaitu AMD Zen 2 8-core. Walau begitu ada game tertentu yang hanya dapat dimainkan di satu konsol (eksklusif) dan tidak dapat dimainkan di konsol lain. Beberapa game yang eksklusif hadir di PS5 misalnya Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Gran Turismo 7 dan Horizon II: Forbidden West. Adapun beberapa game yang eksklusif tersedia di Xbox Series X seperti Halo Infinite, Senua’s Saga: Hellblade 2, Forza Motorsport 8 dan State of Decay 3.

Cara terbaik memutuskan konsol mana yang lebih baik Anda pilih adalah memeriksa memeriksa game apa yang mereka tawarkan dan apakah game itu merupakan game favorit atau yang sedang Anda tunggu-tunggu. Perlu diingat pula, sementara Microsoft menjanjikan Xbox Series X/S bisa memainkan semua game Xbox One dan beberapa game Xbox 360 dan original Xbox (backwards compatibility), maka Sony hanya menjanjikan “hampir” semua game Playstation 4 bisa dimainkan di PlayStation 5. Sementara PS5 dipastikan tidak bisa memainkan game-game dari konsol generasi sebelumnya (PlayStation 3, PlayStation 2 dan Playstation).

Tentukan pula apakah Anda lebih menyukai bermain dengan physical copy (disk) atau digital. Pasalnya, baik PlayStation maupun Xbox sama-sama menawarkan edisi standar dengan disk atau edisi digital. Jika pengguna lebih suka mem-boot game dari disk layaknya memainkan game original dari Playstation atau Xbox di generasi awal, maka PS5 standar atau Xbox Series X layak menjadi pilihan. Ya, membeli kopi fisik dari game terkadang memang menghadirkan kepuasan tersendiri, apalagi ketika gamers bisa menjejerkan kumpulan disk dalam satu rak koleksi. Selain itu gamers juga bisa menjual disk game tersebut apabila sudah menamatkan atau bosan dengan game tersebut.

Namun, jika pengguna tidak ingin terlalu memuat tempat penyimpanan di rumah, maka membeli game digital juga bisa menjadi pilihan. Gamers juga tidak perlu khawatir apabila disk rusak dan tidak bisa digunakan, karena sudah memiliki kopi digital dari game tersebut. Dengan demikian PS5 Digital Edition atau Xbox Series S bisa menjadi pilihan terbaik. Konsol edisi digital juga lebih murah daripada edisi standar jika pengguna berencana untuk menghemat uang.

Terakhir, perhatikan pula apakah Anda akan memainkan konsol game itu sendiri atau bersama dengan teman atau saudara. Setiap konsol hanya menawarkan satu kontroler dalam paket pembelian. Untuk itu apabila Anda ingin bermain berdua, ada baiknya Anda membeli paket bundle yang menyediakan dua kontroler, yang biasanya menawarkan harga lebih efisien ketimbang membeli kontroler secara terpisah.

Selamat menanti rilis kedua konsol next generation tersebut!

Share yuk !