Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta –  Sejumlah pengguna PlayStation 5 (PS5) mengaku kalau kipas konsol barunya itu mengeluarkan suara berdengung dan menderu sangat keras. Beberapa pemilik konsol mengaku konsol mereka lebih berisik dari PS5 lain. Ternyata, hal ini disebabkan karena Sony menggunakan kipas yang berbeda di setiap unit PS5.

Dikutip dari Techspot, temuan ini dilaporkan oleh sebuah situs asal Prancis bernama Les Numeriques. Mereka menemukan ada beberapa unit PS5 yang suaranya lebih senyap ketimbang unit lainnya. Setelah membongkar beberapa unit PS5, ditemukan ada lima kipas berbeda di konsol yang mereka bongkar tersebut.

PS5 yang memiliki suara senyap menggunakan kipas dengan 23 bilah kipas tipis. Sementara PS5 yang lebih berisik menggunakan kipas dengan 17 bilah yang terlihat lebih tebal. Kipas dengan bilah lebih sedikit, seharusnya, memang membutuhkan putaran lebih kencang untuk menghasilkan angin yang sama dengan kipas berbilah lebih banyak.

Meski banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab kipas lebih berisik, dari sini bisa diasumsikan kalau kipas dengan 17 bilah tersebut menjadi penyebab beberapa unit PS5 lebih berisik dibanding lainnya. Jika Anda sudah punya PS5 dan penasaran kipas jenis apa yang dipakai, bisa membuka panel samping PS5 yang berwarna putih untuk mengetahui hal tersebut.

Tenang saja, hal ini tidak membatalkan garansi konsol. Namun jika mencoba untuk mengganti kipasnya barulah garansi PS5 Anda batal. Walau begitu, apabila Anda takut lebih baik tidak mencoba membongkarnya sama sekali. Yang pasti kipas yang berisik nampaknya menjadi salah satu kendala dalam konsol generasi berikutnya milik Sony tersebut, selain tentunya ketersediaan produk yang terbatas.

Share yuk !