Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – PlayStation 2 adalah konsol terlaris sepanjang masa dengan penjualan mencapai 159 juta unit di seluruh dunia. Walaupun sekarang sudah jarang yang memainkannya, tetapi kenangan yang dibuat bersama konsol tersebut tak bisa dilupakan oleh banyak orang, termasuk WiP PC Modz creator John Patrick Wong.

Kalau kebanyakan dari kita hanya menyimpan konsol PS2 di lemari sebagai kenangan saja, lain halnya yang dilakukan oleh PC Modder yang satu ini. Wong mengubah konsol PS2 menjadi sebuah mini PC yang tentunya masih bisa memainkan game-game PS2.

Wong membuat PS2 PC ini karena konsepnya menarik dan mengingatkannya pada kenangan masa kecilnya. Dengan project PS2 PC ini dia juga dapat menggunakannya untuk merancang mini PC yang dapat dengan mudah dibawa dari satu tempat ke tempat lain.

Spesifikasi yang dibawa dalam project ini cukup mumpuni mengingat ukuran body PS2 yang sempit. Dia menggunakan prosesor Ryzen 5 2400G yang ditempatkan pada motherboard B450i AORUS Pro Wifi.

Lalu untuk ramnya dia menggunakan 16GB TeamGroup T-Force Night Hawk dengan storagenya menggunakan SSD TeamGroup T-Force Delta R 250GB. Karena tidak menggunakan VGA dedicated, Wong hanya menggunakan power supply FSP FlexGURU 300w.

Menurutnya hal yang paling sulit dalam pembuatan PS2 PC ini adalah urusan cable management karena perlu menatanya agar semuanya pas dalam body PS2 yang sempit.

Wong merancang mini PC ini sebagai perangkat multifungsi walaupun tidak dirancang untuk memainkan game AAA terkini mengingat hanya menggunakan VGA integrated Vega 11. Sebaliknya, Wong akan menggunakan mini PC ini untuk penggunaan ringan dan menghidupkan kembali kenangan indahnya dengan bermain game PS2 melalui emulator.

Gimana, apakah kalian tertarik membuat mini PC dengan konsep yang unik seperti ini?

Share yuk !