Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – PlayStation 5 kini menjadi salah satu barang yang langka. Jumlah permintaan yang besar, ditambah stok yang terbatas membuat tak semua gamer bisa memainkan konsol teranyar milik Sony tersebut.

Sony Interactive Entertainment mengakui bahwa mereka sempat meremehkan permintaan konsumen untuk PlayStation 5 jelang peluncuran konsol tersebut secara global pada November 2020. Berbicara kepada The Washington Post, CEO SIE Jim Ryan juga menyebut kurangnya pasokan konsol PS5 saat ini juga akibat kekurangan pasokan semikonduktor global.

“Permintaan lebih besar dari yang kami perkirakan. Ditambah dengan kompleksitas masalah rantai pasokan, akibatnya pasokan yang kami sediakan sedikit lebih rendah daripada yang kami perkirakan sebelumnya.”

Ryan mengatakan produksi konsol PS5 sekarang “meningkat dengan stabil”. Dalam wawancara terpisah, dia mengatakan kepada Financial Times bahwa Sony berharap bisa menghasilkan “jumlah yang benar-benar layak” pada paruh kedua tahun 2021.

Seperti diberitakan GAMEFINITY.ID sebelumnya, Sony berharap untuk mengirimkan lebih dari 14,8 juta PS5 selama tahun fiskal berikutnya. Walau begitu untuk mencapai tujuan tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah, mengingat tantangan yang disebabkan oleh masalah rantai pasokan.

Ryan sendiri dilaporkan menolak untuk menjamin bahwa Sony akan dapat memenuhi permintaan PS5 pada musim penjualan liburan 2021, meski menyebut situasi pasokan akan membaik sepanjang tahun.

“Hanya ada sedikit ‘tongkat ajaib’ yang bisa diayunkan. Tentu setiap bulan (pasokan-red) akan membaik sepanjang 2021. Laju peningkatan dalam rantai pasokan akan meningkat sepanjang tahun, jadi pada saat kita mencapai paruh kedua, Anda akan melihat angka yang benar-benar layak.”

AMD, yang membuat chip di dalam konsol PS5 dan saingan Microsoft Xbox Series X / S, baru-baru ini memperkirakan masalah pasokan akan berlangsung hingga paruh pertama tahun 2021.

PS5 diluncurkan pada November 2020 di AS, Eropa, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Sementara di Indonesia, PlayStation 5 secara resmi hadir pada 22 Januari 2021. Sony mencatat pengiriman PS5 pada 2020 mencapai 4,5 juta unit, dan diklaim sebagai “peluncuran konsol terbesar sepanjang masa”.

Share yuk !