Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan mengklaim bahwa perusahaannya belum menerima keluhan dari konsumen terkait minimnya ruang penyimpanan (storage) yang dimiliki PlayStation 5. Kepada The Telegraph, Jim Ryan mengatakan sejauh ini gamers tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Kami tidak mendengar (keluhan) itu. Kami melihat apa yang terjadi saat orang membuka kotak PlayStation mereka dan mulai menggunakannya. Kami merasa akan baik-baik saja. Kami telah memantau penggunaan hard drive pada PS4 dan semua yang kami lihat menunjukkan bahwa kami akan baik-baik saja.”

Konsol generasi berikutnya tersebut mencadangkan sekitar 20 persen dari penyimpanan SSD internal 825GB untuk fungsi operasi, menyisakan sekitar 664GB yang dapat digunakan untuk penyimpanan software. Permasalahannya, beberapa game membutuhkan ruang penyimpanan yang relatif besar. Call of Duty Black Ops Cold War misalnya, menghabiskan hampir seperlima dari ruang yang tersedia, sementara NBA 2K21 dan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales Ultimate Edition (mencakup Spider-Man Remastered) masing-masing membutuhkan lebih dari 100GB ruang penyimpanan.

Untuk memperumit masalah, PS5 tidak mendukung penyimpanan expandable SSD saat peluncuran, meski fitur tersebut akan diaktifkan melalui pembaruan firmware di masa mendatang. Game PS5 juga tidak dapat disimpan di hard drive eksternal, meskipun Sony mengklaim tidak menutup kemungkinan untuk membuat gamers memanfaatkan hal tersebut di masa depan.

Pemilik PS5 pada akhirnya bisa memperluas penyimpanan internal mereka dengan SSD off-the-shelf bersertifikat Sony. Namun, harga hard disk dengan kapasitas bandwidth PS5 tersebut kemungkinan akan mahal dalam waktu dekat.

Sebagai salah satu solusi saat ini, PS5 menawarkan fleksibilitas lebih kepada pemain dalam menginstal game mereka. Gamers bisa hanya menginstal komponen tertentu dari game, misalnya multiplayer atau single player saja. Game-game PS4 yang disimpan dalam USB eksternal storage juga dapat dimainkan (backwards compatible) tanpa harus diinstall di konsol generasi berikutnya tersebut.

Share yuk !