Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – PlayStation telah mengumumkan sedang mengerjakan “sistem VR generasi berikutnya” yang dirancang khusus untuk PlayStation 5. Headset PlayStation VR iterasi Sony berikutnya disebut-sebut akan menampilkan “lompatan dramatis dalam kinerja dan interaktivitas.”

Dalam pengumuman pada hari Selasa (23/2/2021), Sony menyebut sistem VR yang baru akan membuat pemain bisa merasakan kehadiran yang lebih besar, sehingga lebih tenggelam dalam dunia game mereka. Headset yang akan diluncurkan setelah tahun 2021, akan menampilkan resolusi yang ditingkatkan, pelacakan bidang pandang dan menggunakan pengontrol VR baru.

“Kami mengambil apa yang telah kami pelajari sejak meluncurkan PS VR di PS4 untuk mengembangkan sistem VR generasi berikutnya yang meningkatkan segalanya mulai dari resolusi dan bidang pandang hingga pelacakan dan masukan,” kata Perencanaan platform Sony Interactive Entertainment SVP, Hideaki Nishino dikutip dari PlayStation blog.

“Ini akan terhubung ke PS5 dengan satu kabel untuk menyederhanakan pengaturan dan meningkatkan kemudahan penggunaan, sekaligus memungkinkan pengalaman visual dengan ketelitian tinggi.”

Nishino mengklaim bahwa pengontrol VR yang baru akan menggabungkan beberapa fitur utama yang ditemukan di pengontrol DualSense PS5. Salah satunya fokus pada “ergonomi” yang hebat. Hal ini diklaim sebagai contoh teknologi masa depan yang sesuai dengan visi perusahaan untuk generasi baru game dan pengalaman VR. Pengembangan ini sendiri diprediksi akan lebih lama sehingga baru akan siap setelah 2021.

“Masih banyak pengembangan yang sedang dilakukan untuk sistem VR baru kami. Namun kami ingin memberikan pembaruan awal ini kepada penggemar kami, karena komunitas pengembangan telah mulai bekerja untuk menciptakan dunia baru untuk Anda untuk dijelajahi dalam realitas virtual. “

Detail potensial untuk rencana pengontrol PS5 PlayStation VR Sony telah dirilis dalam paten yang diterbitkan tahun lalu. Paten tahun 2020 untuk “Perangkat Pengontrol” menunjukkan perangkat yang mampu melacak jari pengguna, mirip dengan pengontrol VR yang ada dari Oculus dan Valve. Pengontrol yang dijelaskan dapat mendeteksi “kedekatan atau kontak jari dan mengeluarkan sinyal deteksi jari”.

Pada 2019, paten lain menunjukkan bahwa Sony bersiap untuk merilis headset PlayStation VR generasi berikutnya. Hal ini digambarkan sebagai perangkat yang mencakup dua kamera depan dan satu kamera belakang, serta pengontrol Sony Move yang ditingkatkan yang dapat menampilkan kamera internal juga.

Saat ini, headset PSVR yang ada beroperasi sebagai perangkat yang kompatibel ke belakang (backward compatible) di PS5. Sementara game No Man’s Sky dan Hitman 3 hanya mendukung VR melalui versi PS4 mereka. Periferal kamera PS5 juga tidak akan berfungsi dengan PlayStation VR dan pengguna perlu adaptor gratis untuk menghubungkannya.

Penjualan PlayStation VR sendiri telah melampaui lima juta unit sejak headset itu diluncurkan pada Oktober 2016.

Share yuk !