Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Jelang peluncuran konsol generasi berikutnya PlayStation 5 pada Kamis (12/11/2020), Sony berkomitmen untuk tetap memuaskan pengguna konsol generasi saat ini, PlayStation 4 yang diklaim memiliki lebih dari 110 juta gamers. Untuk itu, beberapa game baru yang sejatinya dirilis untuk PS5 akan juga dirilis untuk PS4.

Dalam wawancara dengan AV Watch seperti dikutip dari Video Games Chronicle, Senior Vice President sekaligus Platform Planning & Management Sony Interactive Entertainment, Hideaki Nishino menyebut masa transisi antara PS4 ke PS5 bisa memakan waktu hingga tiga tahun. Selama periode ini, Sony ingin sebanyak mungkin game dapat dimainkan di kedua platform alias cross generation.

“Dalam hal kompatibilitas, penting untuk memindahkan game-game PS4 ke PS5, tetapi saya bersikeras bahwa kompatibilitas ke depan (memasok game yang sama untuk PS5 ke PS4) itu penting. Asumsi saat ini transisi dari PS4 ke PS5 akan memakan waktu sekitar tiga tahun. Sementara itu, bagaimana saya bisa terus membeli game di PS4? Bisakah game yang dibeli dimainkan di PS5? Itu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.”

Pada September lalu, Sony mengonfirmasi bahwa beberapa game yang sebelumnya dianggap eksklusif untuk PS5 juga akan dirilis untuk PS4. Beberapa diantaranya adalah Marvel’s Spider-Man Miles Morales dan Sackboy: A Big Adventure yang akan rilis pada 12 November, bertepatan dengan jadwal peluncuran PS5. Begitu pula dengan Horizon Forbidden West yang dijadwalkan rilis di semester kedua tahun depan.

Beberapa game PS5 yang direncanakan akan rilis pada 2021 antara lain Gran Turismo 7 dan Ratchet & Clank: Rift Apart (semester pertama), begitu pula dengan serial God of War berikutnya yang belum memiliki jadwal rilis. Belum ada konfirmasi apakah game-game ini kelak juga akan dirilis untuk PS4.

Hideaki Nishino mengatakan, meski PS5 menjadi konsol masa depan yang menjanjikan sejumlah potensi, Sony tidak mungkin meninggalkan para gamers PS4 begitu saja.

“Faktanya, mungkin tidak mudah untuk mengembangkan pengembangan khusus PS5 sejak hari pertama. Untuk sementara, pengembangan PS4 juga diperlukan. Ini bukan PlayStation kecuali Anda mempersiapkan sistem yang dapat digunakan pengembang selama beberapa tahun, jadi menurut saya ada potensi besar di masa depan untuk PS5. Setelah jangka waktu tertentu, kami meminta pengembang untuk mengembangkan premis ‘lintas generasi’ PS4 dan PS5.”

Share yuk !