Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Perkembangan game PC memang berjalan sangat pesat mulai dari segi grafis, gameplay, fitur, dan lain-lain. Dan tentunya, perkembangan tersebut juga diikuti oleh perkembangan hardware PC yang juga berkembang secara pesat.

Hal ini menyebabkan dilema bagi para gamers yang terhalang oleh PC mereka yang terbilang “kentang”. Para gamers PC kentang hanya bisa bertahan dengan memainkan game-game jadul dengan grafik yang pas-pasan seperti GTA San Andreas, NFS Underground 2, dan lain-lain karena keterbatasan hardware yang mereka miliki.

Tapi tenang, disini penulis akan membagikan 5 tips untuk meningkatkan performa PC kentang kalian agar bisa memainkan game yang lebih berat.

Tips ini bukan berarti dapat mengubah PC kentang kalian menjadi PC spek dewa dalam sekejap. Tips ini hanya membantu melancarkan beberapa game yang sedikit berat di PC kentang kalian. 

Lalu apa saja tipsnya? Mari kita simak bersama-sama.

Mengganti Driver GPU

Contoh driver desktop Intel HD 4000

Tahukah kalian apabila kalian menggunakan laptop dengan GPU Onboard kalian akan diberikan driver yang tidak optimal? Hal ini dilakukan oleh produsen laptop untuk membatasi performa GPU kalian agar tidak boros baterai.

Jadi kalian bisa mengganti driver GPU Onboard mobile ke desktop yang tentunya punya optimalisasi yang baik. Contohnya apabila kalian punya GPU Intel HD 4000 3rd Generation, kalian bisa mengganti driver mobile kalian ke driver desktop Intel HD 4000 3rd Generation.

Atau apabila kalian ingin sesuatu yang lebih ekstrim, kalian bisa menggunakan driver modifikasi. Salah satu pembuat driver modifikasi adalah Team IntelliModder 32. Team ini membuat sebuah program yaitu PHDGD dimana program ini mengubah driver IntelHD dan melakukan optimisasi sampai ke tahap maksimal.

Namun penggunaan driver tidak resmi seperti PHDGD tentunya beresiko. Jadi apabila kalian ingin menggunakan driver ini, do it with your own risk.

Otak-Atik Config.ini

Contoh Config.ini Assassin’s Creed 1

Tentunya sebagai pengguna PC kentang, kita ingin setting grafik game yang rendah. Namun beberapa game hanya membatasi setting grafik seperti resolusi dan detail saja dan setting lain seperti Shadow atau Anti-Aliasing tidak tersedia.

Tapi tahukah kalian ternyata kalian bisa mengakses segala setting grafik yang ingin kalian ubah di file Config.ini? Kalian bisa mencari dimana file konfigurasi kalian lewat website PCGamingWiki. Jika sudah ketemu, kalian bisa mengotak-atik setting-setting yang tersembunyi seperti Internal Resolution, Shadow, Field of View, dan lain-lain untuk meningkatkan performa.

Gunakan Low Graphic Mod

Mod FAR Nier Automata

Beberapa game yang sangat mudah untuk di Mod seperti Skyrim, Fallout 4, biasanya punya mod untuk menurunkan kualitas grafik agar mampu dimainkan di PC kentang.

Salah satu contoh Low Graphic Mod yaitu Mod FAR untuk Nier Automata. Mod ini mampu mengakses segala setting grafis yang dapat diubah seperti Global Illumination, FPS Limit, dan lain-lain.

Ubah Power Plan

Setting Power Plan Windows 10

Meskipun sepele, ternyata power plan dapat berpengaruh besar pada performa PC kalian. Power Plan merupakan fitur pada sistem operasi Windows yang berguna untuk mengatur kinerja dan performa hardware yang terinstall.

Sehingga apabila kalian ingin performa PC kalian maksimal, kalian dapat mengubah setting power plan ke mode High Performance Mode. Dengan ini kinerja prosesor dan GPU kalian tidak dibatasi.

Cara mengubah Power Plan yaitu klik kanan pada ikon baterai di toolbar kemudian klik Power Option. Disitu kalian dapat mengubah setting dari Balanced ke High Performance Mode.

Setting Graphic Control Panel

Setting 3D Intel HD Graphics

Setiap GPU pastinya punya setting Graphic Control Panel tersendiri. Intel punya Intel HD Control Panel, AMD punya AMD Catalyst, dan NVidia punya NVidia Control Panel.

Dalam Control panel tersebut, kalian bisa mengubah setting 3D Graphic menjadi Performance mode untuk meningkatkan FPS dan menurunkan kualitas gambar.

Cara ini bisa dibilang tidak terlalu efektif. Namun sebagai pengguna PC kentang tentunya kita harus mencoba berbagai macam cara untuk meningkatkan performa PC kita.

Itu tadi 5 tips cara meningkatkan performa PC kentang kalian. Tentunya 5 cara diatas tidak bisa digunakan untuk game dengan spesifikasi yang jauh diatas kemampuan PC kentang kalian. Tips tersebut hanyalah trik sementara saja sembari menabung untuk upgrade PC atau membeli laptop dengan spek yang tinggi.

Share yuk !