Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Epic Games baru-baru ini mengumumkan temuan terbarunya yang dinamakan MetaHuman Creator. Tools berbasis browser ini mengandalkan kinerja mesin game Unreal Engine. Dengan MetaHuman Creator, pengembang game dapat menciptakan karakter game tampak lebih realistis. Aplikasi ini berjalan menggunakan jaringan cloud melalui layanan Unreal Engine Pixel Streaming.

Menurut Vice President for Digital Humans Technology at Epic Games, Vladimir Mastlovic, dikutip dari The Verge, tools ini diharapkan dapat membantu para pengembang menyelesaikan desain karakter dalam format 3D, yang sering kali dianggap sebagai salah satu tugas paling berat dalam mengembangkan game.

Hampir seluruh pengembang game “AAA” telah menciptakan karakter dengan format ini, demi menampilkan karakter di dalam game tampak terlihat lebih nyata. Proses ini sendiri tidak mudah, dan memakan waktu hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu bagi para animator dan ilustrator berpengalaman untuk menciptakan karakter.

Epic mengklaim dengan teknologi MetaHuman Creator, animator disebut-sebut akan menghemat proses pembuatan karakter, yang tadinya membutuhkan waktu satu pekan menjadi satu jam saja.

“Setelah beberapa dekade melakukan penelitian dan pengembangan, dan terima kasih untuk membawa 3Lateral, Cubic Motion, dan Quixel ke keluarga Epic, hambatan tersebut bisa dihilangkan berkat teknologi Unreal Engine dan kami dengan bangga memperkenalkan MetaHuman Creator,” kata Mastlovic.

Melalui kanal YouTube Unreal Engine, pihak Epic Games turut mengunggah sebuah video demonstrasi singkat yang menunjukkan kemampuan tools anyarnya itu. MetaHuman Creator memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dengan melakukan sejumlah kustomisasi, mirip seperti ketika sedang menciptakan karakter ala game The Sims 4.

Programer game dapat menentukan bentuk wajah, memindahkan posisi mata dan hidung, hingga memilih warna kulit yang nantinya akan diaplikasikan pada karakter. Pihak Epic Games akan memberikan akses awal (early access) kepada para pengembang game dalam beberapa bulan ke depan. Adapun peluncuran versi full dari tools tersebut masih belum diketahui jadwalnya secara pasti.

Share yuk !